Porgram SKPHP Masuk Nominasi Satyalencana Wira Karya 2023, Pemkab Sumenep Terima Kunjungan dari Tim Penilai RI

Berita, Daerah701 Views

Harianmerdekapost.com -Sumenep, Madura, Jawa Timur – Tim Penilai dari Kemendagri dan Satmilpres RI melakukan kunjungan ke Kabupaten Sumenep, Rabu, 14 September 2023.

Kunjungan tersebut dilakukan guna melakukan peninjauan lapangan terhadap program program Surat Keterangan Peredaran Hasil Perikanan (SKPHP) yang masuk nominasi penganugerahan tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya 2023.

Tim Penilai dari Kemendagri dan Satmilpres RI itu ingin memastikan kelayakan inovasi SKPHP Pemkab Sumenep sebagai penerima anugerah dari Satyalencana Wira Karya 2023 Presiden Republik Indonesia.

Kegiatan penilaian berlangsung di Graha Arya Wiraraja Kantor Bupati Sumenep yang kemudian dilanjutkan ke ruang kontrol Call Center 112 di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumenep.

Di hadapan tim penilai, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan, Sumenep baru saja meraih dua prestasi sekaligus berkat aplikasi program SiKapal dan dinobatkan sebagai Daerah Inspiratif.

Namun, ada inovasi lain yang sangat penting yaitu SKPHP atau Surat Keterangan Peredaran Hasil Perikanan, yang layak mendapatkan anugerah Satyalencana Wira Karya bidang Pemerintahan dalam Pengelolaan, Pengembangan dan Pembangunan Kelautan tahun 2023.

“Berkat inovasi ini kondisi geografis Kabupaten Sumenep sebagai wilayah kepulauan tidak menjadi kendala dalam rangka optimalisasi pelayanan kepada masyarakat secara efisien dan efektif terkait pembuatan SKPHP,” kata Bupati Sumenep, Rabu, 14 September 2023 siang.

Bupati Fauzi Wongsojudo menjelaskan, aplikasi SKPHP merupakan inovasi program pada Dinas Perikanan Sumenep guna memudahkan pelaku perikanan dalam melakukan pembuatan Surat Keterangan Peredaran Hasil Perikanan.

Dengan aplikasi SKPHP, pelaku perikanan, terutama yang berada di kepulauan tak perlu repot-repot lagi untuk mendatangi Kantor Dinas Perikanan Sumenep.

“Aplikasi ini sudah dibuat pada tahun 2019 dan bisa di-download di Play Store. Jadi, untuk pembuatan SKPHP sangat gampang, bisa dilakukan pakai HP saja,” jelas Bupati.

Hadir dalam peninjauan lapangan penganugerahan tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI itu, Dr. Drs. Amran, MT selaku Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Wilayah Negara Dirjen Administrasi Kewilayahan Kemendagri beserta Ketua Tim Penilai Satyalencana Wira Karya Bidang Pemerintahan.

Hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi dan Kepala Diskominfo Ferdiansyah Tetrajaya mendampingi presentasi Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo, juga anggota Forkopimda bersama pimpinan OPD.

Usai presentasi, Bupati Fauzi Wongsojudo mengatakan kepada awak media bahwa inovasi program berupa aplikasi SKPHP masuk nominasi 5 besar penganugerahan tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya.

Karena itu, tim penilai melakukan peninjauan lapangan untuk memastikan bahwa inovasi program tersebut layak dapat penghargaan tanda kehormatan dari Presiden RI.

“Jadi ini dalam rangka penilaian terkait dengan kepastian program SKPHP benar-benar ada. Kalau ini sudahh ada, ya berarti tinggal menunggu waktu saja kapan penghargaan itu akan diserahkan,” pungkas Bupati Fauzi Wongsojudo. (*/Nri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *