Polres Fakfak Gelar TFG dan Sispamkota Sebagai Wujud Siap Mengamankan Pemilu 2024.

Harianmerdekapost.com.,Fakfak Papua Barat – Kepolisian Resor Fakfak menggelar Tactical Floor Game (TFG) dan latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) jelang menghadapi Pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang.

Latihan yang melibatkan puluhan anggota Polres Fakfak dengan melibatkan undangan instansi terkait lainnya, digelar di Lapangan Apel Mapolres Fakfak, Jumat (29/09/2023) pagi.

Sebelum melaksanakan Latihan Sispamkota, Polres Fakfak melaksanakan Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana,SE.,MH, dalam arahannya Kapolres Fakfak mengatakan, “kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk upaya meningkatkan kemampuan personil atau anggotanya dalam penanganan konflik sosial maupun antisipasi gangguan keamanan pada pelaksanaan Pemilu 2024.

Tactical Floor Game (TFG) dan Sistim Pengamanan Kota (Sispamkota) sesuatu yang harus kita laksanakan karena awal tahun 2024 mendatang sudah terlaksana Operasi Mantap Brata Pemilu tahun 2024.

“Simulasi kita gambarkan dalam kegiatan ketika kondisi pada tahapan penghitungan suara di tingkat PPD atau distrik yang awalnya dalam keadaan aman,kemudian secara berangsur terjadi peningkatan eskalasi menjadi rawan dan sangat rawan. Semua kita praktikan dalam situasi aman, kemudian situasi hijau, kuning dan merah. Sehingga semua personil dalam keadaan siap mulai dari personil Polres Fakfak yang melaksanakan Pam pada pleno PPD, tim negosiator, hingga tim tindak dalam bentuk penegakan Hukum,” kata Kapolres Fakfak.

AKBP Hendriyana,SE.,MH menegaskan, sampai sekarang ini kondisi wilayah Kabupaten Fakfak pasca kejadian yang terjadi di Distrik Kramomongga sudah berangsur kembali kondusif. Dia berharap kondisi ini terawat hingga selama tahapan pemilu 2024, sehingga polisi tidak perlu melakukan kontijensi sispamkota.

Selain itu Kapolres Fakfak juga menghimbau kepada seluruh warga Fakfak, “Mari kita bersama-sama menjaga dan memelihara Sitkamtibmas ini agar kondisi Kamtibmas dalam keadaan aman. Agar pesta Demokrasi melalui Pemilu tahu 2024 dapat terlaksana dengan aman terkendali,” tutup Kapolres Fakfak.

Turut hadir dalam acara tersebut Komandan Kodim 1803/Fakfak Letkol Inf. Tri Handoko Wicaksono, Kepala Satpol PP Hermanto Hobrouw, Ketua KPU Hendra J. Tallah, Ketua Bawaslu Fakfak, Arifin Takamokan, bersama Koordinator Devisi PPPS Sahril Radal Serbunit, Perwakilan Dinas Perhubungan.

(Humas Polres Fakfak/Amatus Rahakbauw/Kelanit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *