Pj. Bupati Pimpin Rapat Bersama Kepala Distrik se – Kabupaten Mimika

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, S.IP., M.Si, memimpin rapat bersama para Kepala Distrik di lingkup Pemkab Mimika yang dihadiri juga oleh Asisten, Staf Ahli Bupati serta Kepala Dinas terkait, berlangsung di Hotel Grand Tembaga berita ini dilansir dari mimikab.go.id, Senin (03/07/2023).

Pj. Bupati Mimika yang didamping oleh Pj Sekda Mimika, Dr. Petrus Yumte S.H., M.Si., saat memimpin rapat tersebut menyampaikan bahwa Kabupaten Mimika mempunyai magnet tersendiri, dengan sumber daya alam dan potensi yang sangat besar, tetapi masih banyak yang perlu dibenahi.

Ia mengatakan, terkadang ada miss didalam proses perencanaan, di sistem perencanaan pembangunan nasional ada perencanaan yang Top Down (Perencanaan dari atas kebawah) dan perencanaan Bottom Up (Perencanaan dari bawah keatas).

“Terkadang kecamatan telah berusaha membuat usulan yang baik di musrenbang tetapi sampai di Kabupaten K.O, dan dampaknya adalah camat yang harus bertanggung-jawab kepada masyarakat, dan itu yang membuat masyarakat jadi malas ikut musrenbang,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, dengan kondisi perencanaan kita yang terlalu besar dari Top, hal tersebut harus di komunikasikan kembali sehingga dengan sistem yang ada sekarang, harusnya miss yang terjadi sudah bisa dijembatani secara keseluruhan.

Pada rapat tersebut juga Pj Bupati meminta kepada seluruh Kepala Distrik untuk menyampaikan seluruh kendala yang terjadi di Distrik untuk selanjutnya akan didiskusikan dan diselesaikan tanpa mengubah apa yang telah di kerjakan oleh Bupati sebelumnya.

Setelah mendengar seluruh kendala dan masukan dari Kepala Distrik, Pj Bupati mengatakan akan berusaha untuk mengakomodir seluruh kendala, dan akan dibicarakan lagi kepada beberapa OPD terkait.

Adapun beberapa kendala yang disampaikan Kepala Distrik adalah terkait air bersih, listrik, akses jalan melalui udara dan laut yang sulit, pendidikan dan jaringan telekomunisasi.

See also  Babinsa Sumberjati Bersama Kepala Desa Ajak Masyarakat Bersihkan Makam Menyambut Idulfitri

“Secepatnya saya juga akan bertemu dengan DPR untuk berbicara terkait kendala-kendala yang ada, akan kita upayakan walaupun nanti ada yang kecewa tetapi kita berharap dengan upaya-upaya yang kita lakukan seluruhnya untuk masyarakat kita,” ucapnya.

Ia meminta kepada Bappeda untuk mengadakan sosialisasi dengan narasumber dari Kementerian Desa dan Kementerian Dalam Negeri terkait pembinaan kepada Distrik-distrik agar peran pejabat di Distrik dan Lurah lebih maksimal.

“Kami berusaha mengolah dan menanggapi seluruh masukan bapak-ibu, mudah-mudahan ada langkah-langkah yang tepat untuk bisa menyelesaikan dari hal yang paling krusial mulai dari pendidikan, transportasi dan lainnya,” tutupnya.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *