Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 Kabupaten Gresik, di Isi Lomba dan Penghargaan Untuk Tokoh Koperasi Gresik

Harianmerdekapost.com – Gresik,Jatim – Pemerintah Kabupaten Gresik menggelar peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 tahun 2023 di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP). Gelaran peringatan Hari Koperasi Nasional ini, diisi dengan berbagai lomba dan penyerahan penghargaan pada koperasi dan tokoh-tokoh penggeraknya. Rabu (02/08/2023).

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Gresik mengucapkan selamat hari koperasi yang ke-76. Saya yakin, dengan dukungan seluruh tokoh koperasi yang hadir saat ini akan membawa kemajuan bagi dunia koperasi khususnya di Kabupaten Gresik,” ujar Wakil Bupati Aminatun Habibah dalam sambutannya.

Koperasi, menurut Wabup memiliki tujuan utama yakni kesejahteraan anggotanya. Oleh karenanya, dalam memenuhi tujuan tersebut diperlukan sumber daya manusia yang mumpuni di dalam koperasi itu sendiri.

“Maka panjenengan yang ada di koperasi harus bisa memberikan pelatihan-pelatihan. Selain itu, diperlukan juga kaderisasi agar koperasi juga diisi oleh generasi muda,” ungkapnya.

Torehan prestasi juga diukir koperasi Kabupaten Gresik di tingkat Provinsi Jawa Timur. Sebanyak tiga koperasi di Kabupaten Gresik memperoleh penghargaan, pada tiga kategori. Juara 1 untuk kategori koperasi konsumen diterima oleh Koperasi Konsumen Karyawan Petrokimia Gresik (K3PG).

Koperasi Jasa Karyawan Usaha Sejahtera Bersama (Kopkar Semen Indonesia Logistik), juga meraih juara 1 dalam kategori koperasi jasa tingkat Provinsi Jawa Timur. Terakhir, BMT Nurul Jannah mendapatkan juara 3 pada kategori koperasi simpan pinjam.

Pada momentum peringatan Hari Koperasi Nasional kali ini, Pemerintah Kabupaten Gresik juga menyerahkan beberapa penghargaan. Di antaranya penghargaan koperasi sehat Kabupaten Gresik, tokoh penggerak koperasi, serta pengelola koperasi.

Selain itu, diberikan juga hadiah untuk pemenang lomba paduan suara antar koperasi wanita, dan lomba cepat tepat perkoperasian tingkat SMA. Pada kesempatan yang sama, dilantik juga pengurus dan pengawas pusat koperasi karyawan Gresik masa bakti 2023 — 2027.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Pusat Sri Untari Bisowarno. Hadir pula Ketua Dewan Koperasi Indonesia Kabupaten Gresik Achwan Hariyanto, serta Kadiskoperindag Gresik Malahatul Fardah beserta jajaran Kepala Dinas di lingkungan Kabupaten Gresik. (nnd/wwn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *