Peran Aktif TNI Koramil Ranuyoso, Dalam Pendampingan Penanaman Jagung Serentak Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Lokal

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional serta meningkatkan produktivitas pertanian di wilayahnya, Koramil 0821/06 Ranuyoso, telah melaksanakan kegiatan penanaman jagung secara serentak. Kegiatan ini dilakukan di lahan seluas 2 hektar, yang merupakan milik kelompok tani Gemuling di Dusun Gemuling Desa Jenggrong Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Senin (22/4/3024).

Pendampingan tersebut merupakan bagian dari komitmen Koramil dalam memberikan dukungan kepada petani setempat untuk meningkatkan produksi pertanian, khususnya dalam komoditas jagung.

Dalam kesempatan itu, Danramil 0821/06 Ranuyoso Kapten Inf Busron, menyatakan komitmennya untuk terus berperan aktif dalam pendampingan ini demi mewujudkan program ketahanan pangan nasional di wilayah dapat terwujud.

“Kami akan terus berperan aktif dalam pendampingan ini, untuk mewujudkan ketahanan pangan karena dengan memastikan ketersediaan pangan di komoditi jagung untuk mendukung ketahanan pangan nasional di wilayah,” ujar Kapten Busron.

Pihaknya berharap, dengan kolaborasi bersama, sebagai tujuan memperkuat sinergi antara aparat militer dalam Koramil Ranuyoso, petani, dan masyarakat dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian semakin lebih baik.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Gemulig Toending, menyambut baik pendampingan yang dilakukan oleh Koramil. Dengan adanya kolaborasi diharapkan sektor pertanian, khususnya produksi jagung, dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang signifikan bagi ketahanan pangan lokal.

“Kami mengapresiasi dukungan dari Koramil dalam kegiatan penanaman jagung serentak ini dapat terlaksana. Semoga pendampingan ini dapat memberikan hasil yang optimal bagi kelompok tani Gemuling dan masyarakat Ranuyoso secara keseluruhan. Selain itu juga sebagai bentuk dukugan dan perhatian kepada kami selaku petani, untuk mendukung meningkatkan produktivitas pertanian jagung serta menjaga kualitas hasil yang dihasilkan dapat meningkat,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *