Peningkatan Kualitas Generasi Muda, Babinsa Dawuhan Lor Pendampingan Skrining Kesehatan Anak Sekolah

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Sebagai upaya peningkatan kualitas kesehatan, Babinsa Dawuhan Lor Serka Heri Lesmono melaksanakan pendampingan pelaksanaan Skrining kesehatan dari Puskesmas Sukodono, kepada siswa siswi SMP Negeri 2 Sukodono Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (25/10/2023).

Pelaksanaan skrining tersebut, sebagai tujuan penjaringan kesehatan, pemantauan kesehatan serta penyuluhan kesehatan, yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama sama kader kesehatan remaja dan guru sekolah.

Dikesempatan itu, Heri Lesmono mengatakan, bahwasanya kegiatan tersebut merupakan upayanya melaksanakan pendampingan, dalam rangka implementasi Binter, untuk ikut peduli terhadap perkembangan kesehatan di lingkungan sekolah.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program usaha kesehatan sekolah (UKS). Idealnya rangkaian tersebut seharusnya dilaksanakan seluruhnya, namun dalam pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi wilayah setempat,” kata dia.

Adapun pelaksanaan skrining sebanyak 106 siswa yang mendapatkan pelayanan, meliputi pemeriksaan mata, telinga dan gigi.

Hal yang sama juga disampaikan Tim Skrining Puskesmas Sukodono Angga Praseptyan Amd.Kep., mengatakan, kegiatan skrining merupakan upaya pemerintah melalui dinas kesehatan, adalah suatu proses pemeriksaan atau penilaian kesehatan secara rutin untuk mendeteksi risiko penyakit tertentu.

“Ini wujud kepedulian pemerintah, sebagai bentuk pelayanan kesehatan yang dimaksud meliputi Screening Kesehatan Anak Sekolah atau dikenal sebagai penjaringan kesehatan, pemantauan kesehatan serta penyuluhan kesehatan. Penjaringan dilakukan setahun sekali pada awal tahun pelajaran terhadap siswa, di sekolah negeri dan swasta, yang dilakukan Tim Kesehatan dibawah koordinasi Puskesmas di wilayah,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *