Pencegahan PMK, Babinsa Meninjo Giatkan Pendampingan Penyaluran Vaksin Ternak Warga Binaan

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Babinsa Wonoayu koramil 0821/06 Ranuyoso Heru Suprayitno, melaksanakan pendampingan penyaluran vaksin PMK pada ternak sapi warga di Dusun Leces RT 007 RW 004 Desa Wonoayu Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (29/1/2024).

Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari penanganan pencegahan penyakit mulut dan kuku untuk ternak sapi, yang dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten melalui Puskeswan Klakah, melakukan penyuntikan vaksin kepada ternak warga.

Dalam kesempatan tersebut, Heru Suprayitno mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukannya sebagai bentuk sinergisitas kepada petugas dalam upaya penanganan Dalam rangka untuk mengantisipasi pencegahan penyakit kuku dan mulut (PKM) terhadap ternak sapi di wilayah.

“Kegiatan ini, merupakan salah satu bagian dari tugas kami selaku pembina desa, dalam berkolaborasi bersama petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lumajang, melalui Puskeswan Klakah dalam mengawal kegiatan penyaluran vaksin di wilayah binaan dapat berjalan dengan lancar,” kata dia.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 10 ekor sapi warga yang mendapat pemeriksaan dan vaksinasi secara gratis.

Lanjut Heru, mengatakan, bahwa Vaksinasi PMK efektif meningkatkan kekebalan tubuh ternak, disamping itu pihaknya mengimbau untuk tetap mematuhi anjuran dari petugas untuk melindungi ternak dari penyakit.

“Disamping Vaksinasi PMK, kami mengimbau kepada warga yang mempunyai ternak, untuk selalu berkonsultasi dengan petugas PPL, di wilayah dan memberikan makanan bernutrisi, obat vitamin serta melakukan pembersihan kendang dengan desinfektan secara rutin, sehingga kesehatan ternak selalu terjaga,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *