Penanganan PMK, Babinsa Meninjo Giatkan Pendampingan Penyaluran Vaksin Ternak Warga

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Babinsa Meninjo koramil 0821/06 Koptu Fendik Anggoro Kasih, melaksanakan pendampingan penyaluran vaksin PMK pada ternak sapi warga di Dusun Kapuran RT 012 RW 004 Desa Meninjo Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024).

Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari penanganan pencegahan penyakit mulut dan kuku untuk ternak sapi, yang dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lumajang selama 2 hari di melakukan penyuntikan vaksin kepada ternak warga.

Dalam kesempatan tersebut, Fendik Anggoro mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukannya sebagai bentuk sinergisitas kepada petugas dalam upaya penanganan Dalam rangka untuk mengantisipasi penularan penyakit kuku dan mulut (PKM) terhadap ternak sapi.

“Kegiatan ini, merupakan salah satu bagian dari tugas kami selaku pembina desa, dalam berkolaborasi bersama petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lumajang, melalui Puskeswan Klakah dalam mengawal kegiatan penyaluran vaksin di wilayah binaan dapat berjalan dengan lancar,” kata dia.

Dalam kegiatan itu, hari pertama sebanyak 17 ekor dan di hari ke dua sebanyak 12 ekor hewan ternak di wilayah, yang mendapat pemeriksaan dan vaksinasi.

Sementara itu, Tim Petugas Vaksin Puskeswan Klakah-Ranuyoso Drh. Yurista mengatakan, bahwa Vaksinasi PMK efektif meningkatkan kekebalan tubuh ternak, yang artinya vaksin PMK mampu mencegah Virus PMK dan melindungi dari virus PMK.

“Vaksinasi PMK kali ini menggunakan jenis vaksin aftogen-oleo. Target Vaksin yaitu untuk ternak ruminansia (sapi, kambing, domba, kerbau). Sama seperti vaksin pada manusia, ternak yang divaksin PMK juga kemungkinan mengalami efek seperti demam. Namun tidak perlu khawatir, Tim Vaksinasi juga akan melakukan pemantauan kesehatan ternak pasca vaksinasi dan akan memberikan pengobatan suportif pada ternak yang terkena efek vaksin,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *