Pemkab Sumenep Sukses Gelar Kejuaraan Kerapan Sapi Madura Bull Race Championship 2023

Berita, Daerah781 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Kejuaraan Kerapan Sapi Tingkat Kabupaten Sumenep tahun 2023 sukses digelar, Sabtu (23/09/3023).

Kejuaraan Kerapan Sapi bertajuk Madura Bull Race Championship itu berlangsung di Lapangan kerapan sapi Kecamatan Bluto.

Ada sebanyak 48 peserta yang ikut memeriahkan perhelatan tesebut, 24 pasang sapi dari kecamatan wilayah daratan dan 24 pasang sapi dari kecamatan wilayah kepulauan.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, lomba kerapan sapi merupakan media untuk menjaga warisan dan melestarikan tradisi leluhur, agar keberadaannya tidak tergerus perubahan zaman yang begitu pesat.

Menurutnya, kerapan sapi sudah menjadi identitas kultural masyarakat Madura sebagi salah satu kebudayaan dan tradisi yang telah diwariskan oleh para pendahulu.

“Kerapan sapi sebagai warisan tradisi yang sangat berharga, sehingga sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk melestarikan keberadaannya di tengah-tengah masyarakat,” terangnya.

Dikatakan oleh Bupati, pemerintah selalu berupaya merawat dan menjaga kerapan sapi sebagai tradisi leluhur. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan mengadakan perhelatan kerapan sapi tingkat Kabupaten.

“Kejuaraan ini merupakan wujud perhatian dan komitmen pemerintah daerah guna memberikan pembinaan, pengembangan serta pelestarian warisan budaya,” terangnya.

Oleh sebab itu, Bupati Fauzi berharap gelaran kerapan sapi tersebut dapat menjadi ajang silaturahmi dalam mempererat kekompakan, serta memperkuat identitas kultural masyarakat Madura khususnya Kabupaten Sumenep, untuk berkomitmen dalam mengembangkan dan melestarikan sapi kerap kepada generasi muda.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada para peternak dan pecinta sapi kerap yang melestarikan budaya warisan leluhur hingga saat ini, termasuk paguyuban kerapan sapi menyelenggarakan berbagai perlombaan di Kabupaten Sumenep,” pungkas Bupati.

Untuk diketahui, Pemenang golongan menang 1, 2 dan 3 dan golongan kalah 1, 2 dan 3 pada kejuaraan kerapan sapi tingkat kabupaten akan menjadi pasangan sapi mewakili Kabupaten Sumenep ke ajang Kejuaraan Tingkat Madura pada 8 Oktober 2023 di Kabupaten Bangkalan untuk memperebutkan Piala Presiden RI. (*/Nri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *