** Para Pemancing Di sungai Kapuas Sungai Kapuas **

Daerah, Pariwisata713 Views

 

Harianmerdekapost.com, Kubu Raya,Kalbar .Sungai Kapuas kembali dipenuhi para pemancing yang antusias mengisi waktu libur mereka dengan kegiatan memancing. Di sepanjang tepian sungai, terlihat para pemancing dari berbagai usia dan latar belakang berkumpul dengan alat pancing mereka.

“Memancing di Sungai Kapuas ini sudah menjadi kegiatan rutin bagi saya dan teman-teman. Selain bisa mendapatkan ikan dan Udang segar, kegiatan ini juga memberikan kesenangan tersendiri,” ujar Bejo, salah satu pemancing setempat.

Sungai Kapuas, yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia, memang dikenal kaya akan keanekaragaman hayati air tawarnya. Berbagai jenis ikan seperti Udang Galah,baung, dan patin sering kali menjadi target para pemancing.

Kegiatan memancing ini selain sebagai hobi, juga memiliki potensi ekonomi yang besar jika dikelola dengan baik. Selain itu, beberapa komunitas pemancing juga berharap dapat diadakan lomba memancing secara berkala yang tidak hanya diikuti oleh warga lokal, tetapi juga oleh pemancing dari luar daerah semangkin  menambah semarak aktivitas di sepanjang sungai kapuas menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dan komunitas pemancing juga menghimbau kepada pemancing  tidak lupa membawa alat keselamatan seperti jaket pelampung bagi pemancing mengunakan sampan.

Kegiatan memancing di Sungai Kapuas ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat hubungan antar warga. Mereka berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung dan menjadi salah satu ikon wisata di KalBar
Sy.yusuf,Amin ( Tim HMP )

See also  Jelang HUT Ke-78 RI, Pemkab Mimika Bagikan Sembako ke Panti Asuhan dan Anak-Anak Asrama ... MIMIKA - Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, melalui Panitia HUT ke- 78 RI, membagikan bantuan sembako kepada anak-anak yang berada di panti asuhan dan anak-anak asrama, pada Selasa sore (15/08/2023) di Timika. Kepala Dinas Sosial, Andarias Nauw, S.H., penanggungjawab kegiatan bakti sosial, saat ditemui tim Liputan Diskominfo usai pembagian sembako mengatakan, dari daftar bantuan yang diserahkan ke panti asuhan maupun asrama, sementara ini hanya 8 tempat. "Ada 8 tempat yang tadi sudah kita serahkan bantuan. Ini adalah bantuan dari Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Panitia HUT ke -78 RI. Inilah yang bisa kita lakukan kepada panti asuhan maupun asrama yang bisa mengurus anak-anak sekolah maupun yang terlantar, dan ditampung oleh beberapa yayasan atau panti asuhan, sehingga itulah menjadi tanggung jawab pemerintah," ungkapnya. Menurutnya, sesuai yang diamanatkan oleh Panitia HUT RI, dilakukan distribusi bantuan sebagai bagian dari bakti sosial menjelang peringatan HUT ke-78 RI di Mimika. Untuk lokasi penyerahan sembako yakni pada Yayasan Ibu dan Anak Cinta Bella, kemudian asrama anak Papua Mimika Timur Jauh, Manasari di Jalan Ahmad Yani. Selanjutnya Asrama anak sekolah dari Jita di Jalan Restu, Panti Asuhan Kasih Hulda, dan Baiturrosul di Jalan Soponyono SP 4, serta Lembaga Pengembangan Anak Terlantar dan Putus Sekolah (LPATP) di Gorong-gorong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *