Meriahkan HUT Ke-78 RI, Pemkab Mimika Gelar Karnaval Kendaraan Hias

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Dalam rangka memperingati Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah, menggelar Lomba Karnaval Kendaraan Hias.

Kegiatan yang digelar oleh Pemkab Mimika ini diikuti oleh 75 kendaraan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi dan Kerukunan atau Paguyuban yang ada di Kabupaten Mimika berita ini dilansir dari mimikakab.go.id, berlangsung pada Sabtu (12/08/2023) di Timika.

Mewakili Pj/ Bupati Mimika, Valentinus S. Sumito, S.IP., M.Si, Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Mimika, Dr. Petrus Yumte S.H., M.Si., melepas rombongan Karnaval Kendaraan Hias pada pukul 10.32 WIT, didampingi dengan beberapa pimpinan OPD dan Forkopimda Mimika.

Pada arahannya sebelum melepas rombongan Karnaval Kendaraan Hias, Pj. Sekda Mimika menyampaikan ucapan terima kasih untuk semua, yakni Staf Ahli Bupati sebagai koordinator panitia karnaval, para Asisten, panitia dan seluruh peserta lomba kendaraan hias dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78.

“Kita patut mensyukuri berkat Tuhan, meski hari ini dan beberapa hari terakhir kita disibukkan dengan rangkaian kegiatan dalam menyongsong HUT Kemerdekaan Indonesia Ke-78, namun semua berjalan baik dan luar biasa. Hari ini kita ada di sini dalam kegiatan yang sama untuk melepas peserta lomba kendaraan hias,” tuturnya.

Lanjutnya, kepada para peserta diimbau bahwa ini adalah perlombaan, tapi bukan perlombaan balap. Berlomba untuk dinilai kendaraannya, siapa yang di hias bagus, penampilannya bagus dan menarik.

Harapannya, dalam perjalanan selalu menjaga keamanan dan situasi di kota, karena kondisi jalan di Timika ini terbatas. Maka dari itu, panitia dan teman-teman semua diharapkan menjaga kondisi perjalanan agar selamat sampai finish, tanpa ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Jadi, saya ulang, ini bukan lomba balap, tetapi ini lomba yang diadakan dalam rangka menilai keindahan, kerapian dan semua hal yang ditampilkan pada kendaraan hias tiap OPD dan penguyuban yang hadir pada lomba ini, untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia,” pesan Pj. Sekda.

Ia mengingatkan untuk menjaga kebersamaan, sehingga tidak ada hal yang mengganggu selama proses pelaksanaan kegiatan sampai dengan pada tanggal 17 Agustus nanti, dan bisa melaksanakan upacara dengan baik.

Menutup arahannya, mewakili Pj. Bupati, Pj. Sekda menuebutkan, ”Mari kita terus samakan barisan ke depan, sampai dengan upacara nanti, agar berjalan sukses dan baik.”

Kemudian Pj. Sekda melepas para peserta lomba Karnaval Kendaraan Hias, didampingi pimpinan OPD dan Forkopimda, ditandai dengan dikibarkannya bendera start untuk peserta nomor urut 1 yaitu kendaraan hias dari Kelurahan Wanagon, Distrik Mimika Baru.

Rute yang ditempuh pada Lomba Karnaval Kendaraan Hias, yakni berangkat dari halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika SP 3, menuju Jalan Cenderawasih, kemudian ke arah Jalan Yos Sudarso dan berbelok ke Jalan Hasanudin, menuju Jalan Budi Utomo dan finish di halaman Gedung Eme Neme Yauware.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *