Keempat pemain Tim U-17 Belanda Berketurunan Indonesia

Berita, Daerah, Olahraga1199 Views

Harianmerdekapost.com.,Jakarta – Pemain keturunan Indonesia Rivas Manuhutu debut bersama tim U-17 Belanda. Rivas bermain saat Jong Orange meraih kemenangan 3-0 atas Siprus, Rabu (25/10) dinihari waktu setempat.

Belanda U-17 melawan Siprus dalam rangkaian pra turnamen UEFA U-17. Rivas dimainkan oleh Alexander Palland di menit-menit akhir babak kedua, ia masuk menggantikan kapten tim U-17 Belanda, Lucas Jetten.

Tiga gol kemenangan Belanda U-17 atas Siprus dicetak oleh Jim Koller dan dua gol dari Sami Bouhoudane. Meski timnya meraih kemenangan, Palland mengaku masih belum puas dengan perfomance anak asuhnya.

“Untuk saat ini fase menciptakan peluang dan menyelesaikannya jadi gol jadi fokus kami. Selain itu, kami harus memikirkan bagaimana menjaga kedalaman di lini tengah, serta bagaimana kami harus membongkar pertahanan lawan, serta memperkokoh pertahanan kami,” ucapnya seperti dilansir Moots.Suara.com dari laman resmi PSSI-nya Belanda, KNVB.

“Tim ini harus bisa menerima kritik. Kami di sini untuk terus belajar, tapi saya kami anak-anak bisa memperbaikinya dengan cepat. Tim ini berubah saat jeda babak pertama,” sambungnya.

Rivas seperti informasi yang disampaikan @FT_IDN merupakan pemain Belanda yang memiliki darah Indonesia. Sekedar informasi, Manuhutu merupakan salah satu nama marga di Maluku.

Sebelum memilih Rivas jadi bagian tim U-17 Belanda, Palland pada Mei 2023 memanggil 32 pemain yang akan mengikuti seleksi. Dari 32 pemain yang dipanggil itu, setidaknya terdapat empat pemain keturunan Indonesia.

Keempat pemain keturunan Indonesia itu adalah Rivas Manuhutu, Jaden de Guzman yang memiliki darah Indonesia, Filipina dan Kanada, lalu ada Lyfe Oldenstam keturunan Indonesia dan Suriname serta Geronimo Londar.

Selain empat pemain keturunan Indonesia itu, di 32 pemain tersebut terdapat juga anak legenda Barcelona, Patrick Kluivert, Shane Kluivert. Namun nama Shane yang saat ini bermain untuk Barcelona dicoret dan digantikan oleh Tycho de Wit.

Kembali ke Rivas Manuhutu, pemain berusia 16 tahun ini berposisi sebagai full back kiri. Di kompetisi U-17 musim ini bersama PSV, Rivas sudah melakoni 7 pertandingan.

Pada 2022, Rivas Manuhutu direkrut PSV dari akademi Feyenoord. Karier Rivas sendiri dimulai saat ia masuk ke Sparta Rotterdam. Pada 2016, ia pindah ke Feyenoord.

Bersama PSV U-17, Rivas total telah bermain selama 515 menit di musim ini. Yang menarik, meski berstatus pemain anyar, pada laga melawan FC Utrecht pada 16 September 2023, Rivas dipercaya menjadi kapten.(Amatus Rahakbauw/K).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *