Jelang Pemilu Serentak 2024, Babinsa Banjarwaru Lumajang Bina Satlinmas

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Babinsa Banjarwaru Koramil 0821/01 Lumajang melaksanakan pembinaan terhadap anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), yang bertempat di Balai Kantor Kepala Desa Banjarwaru Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/2/2024).

Babinsa Banjarwaru, Koptu Syamsudin usai pelaksanaan pembinaan menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan kesiapan anggota Satlinmas desa setempat dalam menjalankan tugas pengamanan pelaksanaan Pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang.

Syamsudin juga menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, pihaknya juga sebagai mitra aparatur pemerintah setempat, sehingga berkewajiban untuk ikut membantu menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah.

“Kesiapsiagaan Satlinmas menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2024sangat diperlukan, agar keamanan dan kondusifitas wilayah dapat selalu terjaga. Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan setiap anggota Satlinmas Desa Banjarwaru dapat mengerti dan memahami fungsi serta tugasnya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Banjarwaru, Samsul Arifin mengatakan, bahwa pembinaan dan pembekalan yang diberikan bertujuan agar penyelenggaraan Pemilu 2024 nanti dapat sukses dan berjalan dengan lancar, karena Satlinmas dibekali dengan teori kesiapsiagaan menjaga kondusifitas lingkungan.

Ia menambahkan, bahwa masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) nantinya akan ditugaskan anggota Linmas. Oleh karena itu, dirinya juga berpesan bahwa anggota Linmas dapat bersikap netral, tidak mudah marah, dan selalu waspada terhadap situasi dan kondisi.

“Dengan pembekalan ini, diharapkan agar Satlinmas di Desa Banjarwaru dapat mengimplementasikan materi yang diperoleh, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kerusuhan yang dapat mengganggu keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu serentak 2024 nanti,” harapnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *