JALAN MAUT “Gempol By Pass Dalam Sebulan Telah Menelan 10 Kali Laka Tunggal” Dimohon Perhatian Menteri PUPR RI dan PJ Gubernur Jawa Timur

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Setelah beberapa kali awak media Harian Merdeka Post mendapat laporan dan pengaduan dari pihak keluarga korban kecelakaan tunggal yang telah terjadi di area ruas jalan Gempol by pass dalam satu bulan terakhir ini.

Pada hari kamis tanggal (14-03- 2024) pukul 10.30 WIB – selesai, tim media Harian Merdeka Post langsung melakukan investigasi ke ruas jalan Gempol by pass dari arah Apollo kearah Bundaran, tepatnya pada ruas jalan sebelah timur Rumah makan Soto Lombok masuk wilayah dusun Kaliondo desa Winong sampai pada ruas jalan di rel kereta api yang masuk wilayah dusun Legok desa Legok.

Dalam investigasi ini telah mendapat beberapa temuan sesuai fakta dan kondisi di lapangan antara lain, pada ruas jalan yang elovasi kemiringan diambang batas normal memang berulang kali telah terjadi kecelakaan tunggal, baik roda dua maupun roda empat. Indikator utamanya tidak lain kondisi jalan benar-benar rusak parah, berlubang dan bergelombang dimana telah menimbulkan dampak sangat yang meresahkan bagi masyarakat sekitar terutama para pengguna jalan yang melintas pada ruas jalan tersebut.

Untuk diketahui oleh masyarakat bahwa Jalan Gempol merupakan salah satu jalan utama serta poros dan jalan akses menuju kawasan industri, tapi untuk beberapa bulan terakhir ini kondisinya semakin rusak parah, bergelombang dan berlubang serta sering menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan tunggal dan truk terguling, hingga masyarakat sekitar memberi nama Jalan Maut Gempol by pass karena tidak adanya Pemerintah yang mau memikirkan keselamatan jiwa para pengguna jalan yang melintas pada ruas jalan Gempol by pass tersebut.

Setelah awak media mengambil photo kondisi beberapa titik ruas jalan yang rusak parah, kemudian menemui salah satu warga setempat Ibu Ismiati (14-03-2024) pemilik warkop Kembar yang berjualan nonstop 24 jam untuk meminta komentar, beliau menjelaskan bahwa selama sebulan terakhir ini ada sepeda motor dan truk yang terguling 10 x,sedang pada seminggu ini ada 4x sepeda motor yang terjungkal. Tuturnya!!.

Kemudian awak media Harian Merdeka Post juga salah satu tokoh sentral penggiat lingkungan BP Hadi Suar yang juga sebagai ketua LSM GMBI kecamatan Gempol ( 14-03-2024) jam 14.40 wib di warkop Pujasera Bulusari untuk meminta tanggapan tentang kondisi Jalan Gempol by pass yang rusak parah dan sering mengakibatkan kecelakaan bagi pengguna jalan yang melintas pada jalan tersebut , beliau menjelaskan kalau status jalan Gempol by pass berdasarkan SK Menteri PUPR RI tertanggal 28-04-2022 telah berubah statusnya dari jalan tol Gempol menjadi jalan Gempol by pass logikanya selaku penyelenggara jalan tersebut adalah tanggung jawab Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Timur ya seharusnya dinas terkait provinsi Jawa Timur sesuai kewenangan ya wajib secepatnya harus melakukan perbaikan pengaspalan total atau satu lapis seperti yang telah dilaksanakan 1,5 km pada tahun anggaran 2022. Dan kalau statusnya masih tetap sebagai salah satu jalan Nasional ya pihak kementerian PUPR RI yang wajib secepatnya melakukan perbaikan dengan pengaspalan total atau pengaspalan satu lapis.

Sebagai beberapa dasar pertimbangan pertama regulasi sesuai yang telah diatur dalam undang-undang LL nomor 22 tahun 2024 pada pasal 8 dan pasal 11 sangat jelas , pembayaran pajak cukai terbesar adalah dari kecamatan Gempol.
Masyarakat Gempol,para sopir, pengedaran roda dua terutama para pengguna jalan yang melintas pada ruas jalan tersebut benar -benar resah dan merasa tidak aman untuk sisi keselamatan jiwa.
Jelasnya !!.

Kemudian awak media Harian Merdeka Post juga menemui sosok tokoh muda NU , ketua PAC Pemuda Anshor kecamatan Gempol Bapak M Subchan S.Pd (14-03-2024) jam 13.10 wib di depan rumah kediaman di dusun Jembrung 1 desa Bulusari kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan untuk meminta komentar, beliau menjelaskan Pemerintah harus ada untuk menjaga para pengguna jalan yang melintas pada ruas jalan Gempol by pass tersebut artinya kalau ada jalan yang dalam kondisi rusak parah ya harus cepat ditangani perbaikannya karena anggaran perbaikan jalan setiap tahun anggaran sudah ready stok ( sudah di ploating) jangan suka bersikap melakukan pembiaran karena persoalan pokoknya berkait keselamatan jiwa para pengguna jalan. Tuturnya!!.

Berdasarkan hasil temuan dari investigasi awak media Harian Merdeka Post, meminta kepada pemerintah pusat c/q Menteri PUPR RI dan PJ Gubernur provinsi Jawa Timur serta kepala dinas Bina Marga Provinsi Jawa Timur supaya memberikan skala prioritas atensi dan secepatnya melakukan tindak lanjut untuk menangani dan perbaikan pengaspalan total atau pengaspalan satu lapis pada ruas jalan Gempol by pass sebelah timur Rumah makan Soto Lombok sampai pada rel kereta api yang masuk wilayah desa Legok kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan tersebut. Kemerdekaan Republik ini sudah hampir berusai 80 tahun tapi sebagian besar rakyat di bumi Pertiwi ini masih belum bisa merasakan yang namanya Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.Kalau tetap saja tidak mendapat respon dari pemerintah masyarakat Gempol yang tergabung dalam ISG akan melakukan UNRAS damai turun kejalan demi menyuarakan aspirasi rakyat Gempol dalam waktu dekat ini.
Bersambung! (Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *