Haul Mbah Mustaqim dan Pembangunan Makam Beliau

Berita, Daerah, Religi439 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Mbah Mustaqim adalah salah satu sosok Ulama ‘ dan waliyullah yang menyebarkan ajaran agama Islam di desa Kepulungan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan yang mempunyai santri tidak hanya di wilayah kabupaten Pasuruan juga dari beberapa daerah yang ada di wilayah Jawa Timur. Beliau wafat pada bulan Selo tahun 1953(penjelasan kades Kepulungan) dalam usia 140 tahun.

Pada hari kamis tanggal ( 09-05-2024) keluarga besar Mbah Mustaqim bersama warga dusun Arcopodo desa Kepulungan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan menyelenggarakan giat Haul Mbah Mustaqim ke 72 , dimana giat tersebut dilaksanakan di area Makam Mbah Mustaqim yang berlokasi di dusun Arcopodo desa Kepulungan .

Acara haul Mbah Mustaqim dihadiri oleh warga sekitar dan keluarga besar Mbah Mustaqim dari berbagai daerah yang ada di wilayah provinsi Jawa Timur dan sesuai fakta di lapangan tadi malam yang hadir kurang lebih 400 orang .

Dalam acara tersebut juga telah dihadiri oleh kepala desa Kepulungan beserta perangkatnya Bapak Didik Hartono SH, MH, Babinsa dan Babinkamtibmas desa Kepulungan.

Acara haul Mbah Mustaqim diawali dengan khataman Al Qur’an yang dipimpin oleh Ustadz Nurali, Doa dipimpin oleh Ustadz Mas’ad, Tawasul dipimpin oleh Ustadz Mustajab kemudian dilanjut dengan sholawat bil Maqom yang dipimpin oleh pembina Santri Ishari dari Sumber rejo Pandaan Ustadz Achmad Chojin sedang acara haul Mbah Mustaqim dipandu oleh Ustadz Asmuin.

Dalam sambutan singkat yang telah disampaikan oleh kepala desa Kepulungan bapak Didik Hartono SH, MH beliau menjelaskan bahwa secara pribadi tahun lalu punya nadar ingin membangun Makam Mbah Mustaqim dan sejak 3 hari yang lalu kami mulai merealisasikan pembangunan makam beliau dan dasar dan tujuan kami, mohon jangan ditafsirkan yang bagaimana tapi sebagai rasa hormat kami kepada beliau sebagai salah satu sosok Aulia dan pejuang sejati dalam menyiarkan ajaran agama Islam dan kebetulan kami telah diberikan oleh Allah limpahan rejeki. Tuturnya!!!.
Dan beliau juga memberikan paparan singkat sesuai literasi dari sejarah tentang Mbah Mustaqim dimana beliau meyakini bahwa Mbah Mustaqim adalah keturunan dari Sunan Giri Gersik . Jelasnya!!.

Sedang sambutan dari keluarga besar Mbah Mustaqim diwakili oleh Ustadz Badrun dan beliau menyampaikan terima kasih kepada kepala desa Kepulungan bapak Didik Hartono SH, MH yang telah memperhatikan sekaligus membangun Makam Mbah Mustaqim secara pribadi dan juga mengucapkan terima kasih kepada warga dusun Arcopodo serta para hadirin yang telah hadir dalam acara acara haul Mbah Mustaqim pada malam hari ini,kami hanya bisa berdoa bapak Kepala desa Kepulungan beserta warga yang hadir selalu diberikan oleh Allah SWT barokah umur dan sehat, dilancarkan segala urusan dan usaha serta semakin dilimpahkan rejekinya.amin . Tuturnya!

Beliau juga menjelaskan bahwa Mbah Mustaqim ini adalah salah satu ulama ‘ dan juga waliyullah . Dan dengan kehadiran kita semua dalam acara haul Mbah Mustaqim yang ke 72 untuk doa bersama diharapkan sepulang dari sini nanti mendapat berkah dan barokahnya. Tambahnya !!
( Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *