Gerakan Keamanan Pangan Desa, Balai POM DI Manokwari Lakukan Bimbingan Teknis Komunitas Desa Kelurahan Malawei, Malaingkedi Dan Klamana Di Kota Sorong.

Harianpost.com.,Sorong Papua Barat Daya– Balai POM di Manokwari melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Komunitas Desa di Lokus Desa Stunting Kelurahan Malawei, Malaingkedi, dan Klamana Kota Sorong.Ujar Kepala BPOM Manokwari Ibu Agustince Werimon saat di konfirmasi Jurnalis Harianmerdekapost.com melalui Via Whatsapp Rabu siang (9/8)wit mengatakan.

Hal ini dilakukan dalam upaya untuk mewujudkan keamanan pangan pada lingkungan desa. Kegiatan dihadiri oleh seluruh Kader Keamanan Pangan Desa yang berjumlah 69 orang dan komunitas desa yang berjumlah 150 orang yang berasal dari kelompok komunitas Ibu Rumah Tangga/PKK, Remaja, Sekolah yang didalamnya termasuk guru, siswa dan pengelola kantin sekolah, ritel, pelaku usaha siap saji, rumah makan dan industri rumah tangga pangan.

Bimbingan teknis keamanan pangan untuk komunitas desa dilakukan dengan tujuan agar masyarakat desa memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai penerapan prinsip-prinsip keamanan pangan dan meningkatkan kepedulian terhadap keamanan pangan. Kegiatan bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Balai POM di Manokwari Agustince Werimon, S.Farm., Apt. Turut hadir dalam kegiatan ini kepala distrik dari Sorong Manoi, dan kepala kelurahan Klamana.

Dalam sambutannya Agustince menyampaikan bahwa bimbingan teknis komunitas desa ini adalah untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menangani permasalahan keamanan pangan di lingkungannya. Melalui pemberdayaan komunitas desa diharapkan masyarakat yaitu ibu rumah tangga dapat menyiapkan dan mengolah pangan sesuai dengan prinsip keamanan pangan, anak-anak mampu memilih dan membeli pangan jajanan yang aman, bermutu dan bergizi.

Kegiatan Bimtek dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh kader keamanan pangan Desa Kelurahan Malawei, Malaingkedi, dan Klamana yang telah diberi pelatihan oleh Balai POM di Manokwari. Adapun materi yang disampaikan adalah 5 Kunci Keamanan Pangan Sekolah, Keamanan Pangan Siap Saji, Keamanan Pangan Ritel.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *