Gandeng Ponpes Nurul Islam, DPMPTSP dan Naker Berikan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Berita, Daerah2014 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Sumenep menggandeng Pondok Pesantren Nurul Islam melaksanakan kegitan pelatihan berdasarkan unit kompetensi melalui pelatihan multimedia, desain grafis dan teknik informatika, Selasa (13/06/2023).

Kepala DPMPTSP dan Naker Sumenep Dr. R. Abd. Rahman Riadi, SE, MM mengatakan, pelatihan berdasarkan unit kompetensi itu dilaksanakan dengan tujuan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan teknis dan sikap kerja agar tumbuh dan berkembang secara mandiri.

Disamping itu, guna mencetak tenaga kerja yang kompeten di bidang teknik informatika, multimidia, desain grafis.

“Di sini akan dilakukan pelatihan desain grafis, multimedia dan teknik informatika. Masing-masing sesi itu 30 hari. Kenapa lama, karena kita mulai dari awal, dari nol. Dari tidak tahu menjadi tahu,” terangnya usai membuka kegitan pelatihan berdasarkan unit kompetensi di Aula Ponpes Nurul Islam.

Menurut Rahman, Di era globalisasi dan digitalisasi ini kita selalu dituntut untuk mengikuti situasi dan kondisi global. Jadi tantangan ke dapan mau tidak mau kita harus siap menghadapi.

Untuk itu, DPMPTSP dan Naker menangkap peluang itu bagaimana kapasitas SDM yang ada bisa ditingkatkan melalui pelatihan berbasis kompetensi

“Kami harap pelatihan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, jangan hanya sekadar mengikuti pelatihan tanpa ada outputnya,” terangnya.

Dikatakan oleh Rahman Riadi, Selain memberikan pelatihan, DPMPTSP dan Naker nantinya juga akan memberikan beberapa fasilatas pendukung mulai dari pembuatan NIB bahkan bantuan akses modal melalui perbankan bagi bagi yang mau buka usaha.

Selain itu, lebih lanjut Rahman menjelaskan, seluruh peserta pelatihan diikutkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kita tidak inginkan kecelakaan atau kematian, tapi kita menjaga manakala terjadi sesuatu hal, itu sudah terjamin di BPJS. Dan itu kita yang nanggung,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Produktivitas Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Sumenep H. Eko Ferryanto, SE, MM mengatakan, peserta yang memgikuti kegitan pelatihan berdasarkan unit kompetensi berjumlah 48 peserta.

“Pelatihannya akan berlangsung di BLK komunitas nurul islam jl. Kh. Moh Sirajuddin no. 03 Desa Karang Cempaka, Kecamatan Bluto,” ujarnya.

Menrutnya, pelatihan ini dibagi menjadi tiga gelombang dengan rincian, gelombang pertama akan di isi pelatihan multi media dengan 16 orang peserta, gelombang kedua pelatihan desain gerafis dengan 16 orang peserta dan ke tiga pelatihan teknik informatika dengan 16 orang peserta.

“Pelatihannya akan berlangsung selama 30 hari, Glombang pertama pelatihan multi media dimulai dari tanggal 13 Juni sampai 20 Juli, Gelombang dua pelatihan desain grafis pada bulan Juli dan gelombang tiga pelatihan teknik informatika pada bulan September,” terangnya. (*/Nri)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *