Dukung Peningkatan Sektor Pertanian, Koramil Rowokangkung Bersama Stakeholder Normalisasi Irigasi Tersier

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Personel TNI Koramil 0821/16 Rowokangkung melaksanakan kerja bakti pembersihan saluran irigasi tersier Vak 10 sepanjang 300 meter berlokasi di lahan sawah Dusun Pakeman Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (26/1/2024).

Melibatkan unsur Forkompimcam Rowokangkung dan warga petani dari 4 desa yakni Desa Sumbersari, Desa Kedungrejo Desa Sidorejo dan Desa Rowokangkung, kegiatan diharapkan akan berdampak pada peningkatan hasil panen padi, dengan maksimalnya pasokan air di area pertanian warga.

Dalam kesempatan itu, Danramil Rowokangkung Lettu Cba Sarjono mengatakan, bahwasanya dari kegiatan itu dirasa penting dilakukan, mengingat irigasi tersier merupakan jaringan irigasi yang berfungsi sebagai prasarana pelayanan air irigasi dalam petak tersier yang terdiri dari saluran tersier, perlu adanya perawatan.

“Hari ini kita bersihkan supaya pasokan air ke area persawahan berjalan maksimal, dalam perawatan secara berkala dengan melakukan rutinitas normalisasi di Dam yang ada. Harapannya untuk peningkatan prasarana pengairan yang mumpuni, sebagai penopang hasil panennya para petani di wilayah,” kata dia.

Pihaknya juga menambahkan, sebagai aparatur kewilayahan, Sarjono menegaskan keterlibatan dirinya dalam ranah upaya peningkatan perekonomian warga, merupakan hal yang wajib, dalam tugas pokok TNI, selain berperang menjaga kedaulatan NKRI.

“Kegiatan ini bukan kali pertama melaksanakan pembersihan dan normalisasi, sebagai bentuk perawatan sendi peningkatan pertanian dan harapannya juga, bisa menunjang ketahanan pangan nasional di wilayah,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *