Dandim 0821 Lumajang Hadiri Lomba Kerapan Sapi Piala Panglima TNI 

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dandim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., bersama Dansat jajaran Kodam V/Brawijaya menghadiri lomba Kerapan Sapi Perang Mega Bintang Piala Panglima TNI di stadion Jalan Pertahanan Kampung Skep Kelurahan Bancaran Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023).

Acara lomba Karapan sapi dibuka langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dengan didampingi Ketua Umum Darma Pertiwi Ibu Vero Yudo Margono serta diikuti Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, MA., beserta Ketua Persit PD V/Brawijaya Ibu Shally Farid Makruf dan para Asisten, Dansat jajaran Kodam V/Brawijaya.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. saat menyampaikan sambutanya, mengungkapkan rasa bangga karena bisa hadir di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, kerapan sapi merupakan tradisi masyarakat Madura yang telah lama hidup dan menjadi identitas budaya masyarakat Madura. Kerapan sapi menjadi kebanggaan dan harus terus dilestarikan.

“Jangan sampai budaya ini tergerus oleh arus globalisasi dan menjadi asing di tanah air kita sendiri. Lomba kerapan sapi ini bukan hanya mencari siapa yang cepat atau siapa yang menang, tetapi juga merupakan perwujudan keberanian, ketrampilan dan semangat persaudaraan dengan semangat kompetisi yang tinggi dari para peserta lomba,” ujarnya

Sementara itu, dalam keterangannya, Dandim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., mengatakan bahwa kegiatan lomba Kerapan Sapi memperebutkan Piala Panglima TNI digelar selama 2 hari mulai tanggal 2 s.d. 3 September 2023 diikuti 48 Pasang sapeh Rajeh dan 48 Pasang sapeh kenek.

“Ini merupakan kecintaan Panglima TNI kepada Masyarakat Madura, dan beliau langsung yang akan menyerahkan hadiah juga kepada peserta yang akan menang nantinya,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *