Cara Jitu Bupati Sumenep Gerakkan Ekonomi Melalui Pelaku UMKM

Berita, Daerah547 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Komitmen menggerakkan perekonomian melalui pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus ditunjukkan oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo.

Salah satu upaya nyata yang dilakukan Bupati Sumenep ialah dengan mengikut sertakan para pelaku UMKM pada setiap event yang dilaksanakan Pemkab Sumenep.

Alhasil, dari komitmen dan tekad yang kuat, Politisi PDIP Sumenep itu secara perlahan berhasil membuat angka pertumbuhan ekonomi meningkat signifikan dari tahun ke tahun.

“UMKM adalah salah satu faktor penyumbang pertumbuhan ekonomi di Sumenep terus meningkat signifikan dari tahun ke tahun,” terang Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo.

Menurut Bupati, kemajuan UMKM di Kabupaten Sumenep dalam beberapa tahun terakhir didukung oleh meningkatnya kunjungan wisata di Kabupaten berlambang kuda terbang ini.

Bupati memaparkan, selama tiga tahun terakhir kunjungan wisatawan ke Sumenep terus meningkat.

Pada tahun 2021 angka kunjungan wisata mencapai 248.158 orang. Angka tersebut naik menjadi 1.057.455 pada tahun 2022, dan meningkat lagi menjadi 1.398.922 pada tahun 2023.

“Lonjakan kunjungan wisata itu menyebabkan sektor UMKM juga melejit,” ujarnya.

Dengan begitu, Bupati karismatik tersebut berjanji akan terus menggalakkan even-even yang sifatnya mampu mendongkrak pertumbuhan para pelaku UMKM.

“Even-even yang sifatnya mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi rakyat akan terus digalakkan, agar pertumbuhan ekonomi di pusat-pusat UMKM terus berjalan dengan baik,” ujarnya.

Upaya lain yang juga dilakukan Bupati Sumenep ialah dengan menyediakan tempat strategis bagi pelaku UMKM. Dalam hal ini Bupati menyulap Taman Tajamara menjadi sentra bagi pelaku UMKM.

“Kedepan kita akan terus memberikan pembinaan kepada seluruh pelaku UMKM  agar bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi Sumenep,” ujarnaya.(*/Nri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *