Berbeda Dengan Tahun Sebelumnya, Prosesi Arya Wiraraja Sumenep Akan Digelar di Kota Tua Kalianget

Berita, Daerah556 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Pemerintah Kabupaten Sumenep akan melaksanakan prosesi pelantikan Adipati pertama Sumenep Arya Wiraraja dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-754.

Prosesi pelantikan Adipati pertama yang dikemas dalam bentuk drama kolosal tersebut akan dilaksanakan di Halaman Kantor PT Garam Kota Tua Kecamatan Kalianget.

“Tahun ini Prosesi Arya Wiraraja tidak di Kecamatan Kota Sumenep, namun penyelenggaraan kegiatannya di Kota Tua Kecamatan Kalianget, tepatnya di Halaman Kantor PT Garam,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, Selasa (24/10/2024).

Dikatakan oleh Bupati, Pertunjukan drama kolosal dijadwalkan pada Sabtu (28/10/2023) pukul 07.00 WIB, dengan melibatkan berbagai elemen untuk memeriahkan acaranya, baik pelajar maupun masyarakat umum.

Menurutnya, selain menampilkan prosesi Arya Wiraraja, Pemkab Sumenep juga akan menyajika beberapa rangkaian kegiatan lainnya, di antaranya tari kreasi, tari kolosal, topeng dalang, tari juwak, serta pawai budaya dengan menampilkan tujuh kereta kencana, jaran serek dan tongtong serek.

“Yang jelas, prosesi pelantikan Arya Wiraraja mampu mencerminkan keagungan Kabupaten Sumenep, supaya para pemimpin penerusnya berkomitmen memajukan dan memakmurkan daerah dengan ikhlas,” pungkas Bupati. (*/Nri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *