Babinsa Kaliboto Lor Dampingi Petugas Salurkan Vaksin Kepada Ternak Warga 

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku, Babinsa Kaliboto Lor Koramil 0821/12 Jatiroto Serda Muhammad Safiudin melaksanakan pendampingan kegiatan penyaluran vaksin kepada 10 ternak warga, di Dusun Genitri Lor RT 80 RW 18 Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (9/10/2023).

Dalam kegiatan tersebut, dirinya bersama petugas DKPP Puskeswan Kecamatan Jatiroto akan terus aktif melaksanakan pendampingan dalam penanganan dan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah binaannya.

Pada kesempatan itu, Safiudin mengatakan, bahwa kegiatan Vaksinasi hewan ternak tersebut, merupakan upaya pemerintah melalui dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, dengan memberikan obat antibiotik yang disalurkan kepada sapi yang masih sehat dan belum terdampak PMK.

“Kegiatan pendampingan ini, sebagai wujud kolaborasi bersama DKPP dalam mengawal kegiatan penanganan pencegahan wabah PMK yang ada di wilayah, dengan memberikan obat antibiotik, antipiretik dan vitamin serta pemberian obat herbal yang disukai sapi,” ujar dia.

Sementara itu diwaktu yang sama, Tim DKPP Kecamatan Jatiroto Dr Risa S.Pt mengatakan, disamping dilakukan penyuntikan vaksin, dirinya berharap untuk memberikan makanan ternak yang bernutrisi serta menjaga kandang ternak agar tetap terjaga dengan menjaga kebersihan dan melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin.

“Kami berharap kepada warga, disamping kegiatan vaksinasi juga melakukan peningkatan imunitas dan ketahanan tubuh pada ternak, melalui terapi suportif dengan memberikan vitamineral dan feed supplement serta mengikuti anjuran dari petugas, dan tidak kalah pentingnya tetap menjaga kebersihan kendang, pemberian makanan yang bernutrisi atau ramuan herbal, agar kesehatan ternak tetap sehat,” harapnya. (fjr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *