Babinsa Kaliboto Kidul, Bersama Warga Gotong Royong Pembersihan Drainase Pemukiman Persil Umbulsari

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Babinsa Kaliboto Kidul Koramil 0821/12 Jatiroto Sertu Fahrur Rosi, bersama warga bergotong-royong melaksanakan karya bhakti pembersihan saluran drainase bersama warga di area pemukiman padat penduduk di Dusun Persil Umbulsari RT 001 RW 010 Desa Umbulsari Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (1/2/2024).

Kegiatan pembersihan saluran drainase tersebut, merupakan aliran dari pembuangan warga, dengan melakukan normalisasi pengerukan dengan menggunakan alat seadanya, untuk mengurangi penyumbatan.

Dalam kesempatan itu, Sertu Fahrur Rosi mengatakan, bahwa kegiatan pembersihan tersebut sepanjang kurang lebih 200 meter, dengan mengangkat material lumpur yang mengendap di saluran drainase, yang menyebabkan saluran kurang lancar, yang berakibat luberan air berlebih di area pemukiman warga.

“Kegiatan ini merupakan upaya warga, dengan bergotong-royong sebagai tujuan aliran irigasi tersebut nantinya bisa menjadi lancar, apalagi pada saat turun hujan yang cukup tinggi, tidak menutup kemungkinan terjadi luapan air yang mengakibatkan genangan ke jalan dan ke pemukiman warga, sehingga aktivitas menjadi terganggu,” kata dia.

Disamping itu, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dalam mempelopori usaha usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di wilayah binaan, dalam mendorong warga untuk peduli lingkungan, serta sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Sementara itu, Kepala Dusun Persil Umbulsari Yusuf Bahtiar mengatakan, bahwa pihaknya bersama warga sangat berterima kasih kepada Babinsa, yang telah memberikan luang waktu untuk menyempatkan bersama warga melaksanakan kerja bakti.

“Dengan kegiatan ini, sebagai upaya bersama masyarakat agar selalu peduli dengan kondisi lingkungan, disamping itu kami secara langsung memberikan edukasi kepada warga kami dalam membina kekompakan, juga sebagai bentuk membangun kebersamaan antar warga, semakin terjaga,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *