Babinsa Jugosari Dampingi Puskeswan, Salurkan Vaksin Ternak Warga

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Penanganan PMK, Babinsa Jugosari Koramil 0821/09 Candipuro Serka Novi Wahyu, melaksanakan pendampingan penyaluran vaksin PMK kepada puluhan ternak warga di Dusun Krajan Desa Jugosari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (31/1/2024).

Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari penanganan pencegahan penyakit mulut dan kuku untuk ternak sapi, yang dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lumajang Unit Pasirian melakukan penyuntikan vaksin kepada ternak warga.

Dalam kesempatan tersebut, Novi Wahyu mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukannya sebagai bentuk sinergisitas kepada petugas dalam upaya penanganan dalam rangka untuk penyaluran vaksinasi penyakit kuku dan mulut (PKM) terhadap ternak yang ada di wilayah binaan.

“Kegiatan ini, merupakan salah satu bagian dari tugas kami selaku pembina desa, dalam bersinergi bersama petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lumajang, melalui Puskeswan Unit Pasirian dalam mengawal kegiatan penyaluran vaksin ternak di wilayah binaan dapat berjalan dengan lancar,” kata dia.

Dalam kegiatan itu, jumlah vaksin yang disalurkan sebanyak 82 ternak warga, meliputi ternak sapi sebanyak 23 ekor, kambing 41 ekor dan domba 18 ekor.

Sementara itu, Tim Petugas Vaksin Puskeswan Unit Pasirian Sahroni, mengatakan, bahwa Vaksinasi PMK efektif meningkatkan kekebalan tubuh hewan ternak, yang artinya vaksin PMK diberikan kepada ternak sebagai pencegahan dan melindungi dari penyakit PMK.

“Kegiatan Vaksinasi PMK merupakan program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang spesifik terhadap penyakit PMK. Diharapkan sapi-sapi yang sudah divaksin akan membentuk kekebalan, mencegah hewan ternak tersebut sakit, dan mencegah penularan antar hewan ternak,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *