Babinsa Banyuputih Kidul, Dukung Gapoktan Karya Abadi Jaya Pembuatan Pupuk Cair Bio Saka Organik

Berita, Sosial, TNI/Polri1351 Views

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Babinsa Banyuputih Kidul Koramil 0821/12 Jatiroto Serda Yudik melaksanakan pendampingan pembuatan pupuk cair Gapoktan (Gabungan kelompok tani) Karya Abadi jaya Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (25/5/2023)

Kegiatan tersebut merupakan upayah dalam rangka mendukung program pemerintah meningkatkan swasembada pangan Nasional, sekaligus untuk melaukan inovasi dalam peningkatan hasil produksi para petani di wilayah.

Dalam kesempatan itu, Serda Yudik mengatakan, bahwa tujuan pembuatan pupuk cair saka organik, sebagai pupuk yang ramah lingkungan yang terbuat dari bahan berbagai macam-macam dedaunan yang kebal dari ulat maupun hama.

“Dalam pembuatan pupuk cair ini, merupakan gagasan dari dinas pertanian Kabupaten Lumajang, dan langsung direspon oleh Gapoktan Karya Abadi Jaya, yang mana pupuk tersebut selain dibuat dengan mudah, juga dapat dijangkau oleh para petani, serta pupuk tersebut yang ramah lingkungan, membuat tanah lebih subur dan dapat digunakan ke semua jenis tanaman,” kata dia.

Ia berharap, dengan inovasi tersebut, semoga dapat membantu keberhasilan pertanian di wilayah binaan, dan nantinya dapat dijadikan contoh kepada kelompok tani yang lain.

“Semoga dengan inovasi pembuatan pupuk cair saka organik, nantinya dapat meningkatkan hasil pertanian para petani, serta di edukasikan ke kelompok tani lainnya, sebagai bentuk menopang keberhasilan swasembada pangan nasional,” harapnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *