Ali Baham Temongmere Gelar Buka Puasa Pertama dengan Menyantuni Anak Yatim

Berita, Pemerintah164 Views

MANOKWARI.Harianmerdekapost.com – Momen istimewa mewarnai hari pertama Bulan Suci Ramadhan di kediaman Penjabat Pejabat Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, pada Selasa (12/3/2024). Suasana penuh hikmah tercipta saat buka puasa bersama yang dihadiri oleh berbagai umat Islam.

Acara diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang menambah kekhusyukan para tamu undangan. Ali Baham mengajak seluruh umat untuk memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunianya.

“Ini merupakan buka puasa bersama tepat pada hari pertama Ramadhan 1445 Hijriah. Saya mohon maaf besok saya harus ke Jakarta untuk urusan dinas terkait Ibukota Nusantara,” terangnya.

Lebih lanjut, Ali Baham menekankan pentingnya evaluasi diri selama bulan suci Ramadhan. Ia mengajak umat untuk meningkatkan rasa memberi dan menjadi berkah bagi sesama. Apresiasi juga disampaikan kepada seluruh pemeluk agama yang telah mendukung terciptanya suasana aman dan kondusif di Papua Barat.

Pada kesempatan tersebut, Ali Baham bersama Ketua TP PKK Papua Barat, Ny. Siti Mardiana Temongmere, menyerahkan santunan kepada anak yatim dari Panti Asuhan Hidayatullah.

“Semoga kita semua menjadi pembawa berkah. Saya harap seluruh kaum muslimin dan muslimat menjaga keamanan dan ketertiban selama berpuasa. Semangat memberi harus terus berjalan, begitu pula dengan pemerintah,” harapnya.

Ali Baham juga menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh masyarakat muslim di Papua Barat, mulai dari Etna Kaimana hingga Wondama.

Ketua Umum MUI Papua Barat, Ustad H. Ahmad Nausrau, menyambut baik kegiatan buka puasa bersama dan menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh umat Islam. Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan semua agama dalam menjaga kerukunan dan kedamaian.

Ustad Nausrau menjelaskan bahwa safari Ramadhan akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan, seperti tauziah, dialog antar umat beragama dan ulama, serta pemerintah.

“Semoga amal ibadah kita selama bulan puasa ini diterima oleh Allah SWT,” harapnya.

Baca Juga: Kunjungan Ali Baham ke Dekranasda Disambut dengan Prosesi Adat Injak Piring

Ketua Panitia Amaliah Ramadhan MUI Papua Barat, Mohammad Lakotani, memaparkan sejumlah kegiatan yang akan digelar selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah. Panitia mengikuti pengumuman resmi nasional terkait awal Ramadhan, namun tetap memberikan ucapan selamat kepada umat yang telah memulainya lebih awal.

Tausiah yang disampaikan oleh Ustad Raswin mengingatkan para jemaah untuk memiliki target selama menjalankan ibadah puasa, yaitu meningkatkan sholat, membaca Al-Qur’an, dan bersedekah.

(Amat)

Editor : Amatus Rahakbauw

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *