Peduli Kesehatan Balita, Babinsa Sarikemuning Dampingi Bidan Desa Monitoring Posyandu

Berita, Sosial, TNI/Polri1011 Views

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim | Sebagai upaya kepedulian kesehatan warga Balita, Babinsa Sarikemuning Serda Triwijayanto, melaksanakan kegiatan pendampingan dalam rangka monitoring Posyandu di Balai Desa Sarikemuning Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (2/8/2023).

Pada kegiatan tersebut, merupakan rutinitas yang dilaksanakan sebulan sekali yang digelar oleh dinas kesehatan dan bantu oleh kader Posyandu untuk melaksanakan pengecekan tumbuh kembang perkembangan kesehatan bagi Balita, Ibu hamil dan menyusui, di wilayah binaan.

Saat dikonfirmasi Tim Pendim, disela-sela kegiatannya Serda Triwijayanto mengatakan, bahwa kegiatan Posyandu merupakan pelayanan kesehatan yang diperuntukkan bagi warga yang memiliki Balita maupun ibu hamil maupun menyusui.

“Kegiatan ini, merupakan upaya kami melaksanakan pendampingan Posyandu bersama Bidan desa, merupakan wujud sinergisitas dalam rangka monitoring dan pelayanan kesehatan, memantau dan mengecek kesehatan warga secara rutin setiap bulan sekali, disamping itu dalam kegiatan ini, juga dilakukan pemberian vitamin A khusus bagi Balita,” kata dia.

Hadir dalam kegiatan Posyandu tersebut, sebanyak 35 Balita mendapatkan pelayanan kesehatan dan pemberian vitamin A secara gratis.

Hal senada juga disampaikan bidan Desa Sarikemuning, Sri Rahayu, S.Tr.Keb, bahwa kegiatan Posyandu tersebut, disamping dilakukan penimbangan bayi, pengobatan gratis, juga diberikan penyuluhan tentang manfaat vitamin A untuk bayi, makan bergizi dan pola hidup sehat dari petugas kesehatan.

“Khusus di bulan Agustus ini, para Balita akan diberikan Vitamin A, yang mana Vitamin A tersebut memiliki sifat antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh yang menjadi pemicu kerusakan jaringan dan sel, dengan mengonsumsi vitamin A juga dapat membantu menurunkan resiko terjadinya alergi pada Balita,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *