Langkah Cerdas Pemdes Kepulungan dalam Rangka meningkatkan Kualitas Hidup Warga Desanya

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Pemerintah desa Kepulungan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan setelah berhasil menciptakan karya nyata yang berupa Wisata Transit Air Panas Wong Pulungan dan pada tahun 2024 mencanangkan sebuah karya nyata baru yang berupa Wisata Edukasi Pertanian yang berlokasi di dusun Tugu desa Kepulungan dan terkait perihal tersebut telah mendapat respon positif dan antusias dukungan dari lintas Poktan yang ada di desa Kepulungan.

Sikap antusias respon positif dari lintas Poktan desa Kepulungan tersebut diatas dibuktikan pada hari minggu tanggal (03-12+2023) Lintas Poktan desa Kepulungan melaksanakan giat bersih-bersih saluran sungai dari dusun Tamanan,Betas dan sampai dusun Kajang 1
dengan penuh rasa guyub dan kegotongroyongan ya disamping untuk memperlancar arus lintas air irigasi ke sawah para petani juga sebagai langkah awal persiapan dalam mewujudkan Wisata Edukasi Pertanian.

Setelah dilakukan pembersihan akan dilaksanakan pemerataan lahan dan perindangan dengan menanam ragam pohon yang maslahat yang dapat memberikan nilai tambah sisi ekonomi.

Sebagai langkah tahap 1 untuk mewujudkan sebuah karya nyata baru Wisata Edukasi Pertanian adalah pengadaan dan atau membangun beberapa gasebo yang bernilai sejarah sebagai tempat berjualan ragam kuliner hasil produk pelaku UMKM yang ada di desa Kepulungan dengan memfungsikan dan memanfaatkan lahan TKD yang terbengkalai sebagai taman desa dan Sentral Kuliner .

Ketika acara bersih – bersih sungai usai, Tim media harian merdeka post menemui kepala desa Kepulungan bapak Didik Hartono untuk wawancara khusus tentang rencana pelaksanaan program Wisata Edukasi Pertanian, menjelaskan bahwa untuk tahun 2024 pemdes Kepulungan akan memulai melaksanakan program penguatan sektor ekonomi kreatif yang berbasis desa yakni Wisata Edukasi Pertanian yang berlokasi di dusun Tugu desa Kepulungan. Tuturnya!!.

Dalam pelaksanaan program tersebut akan kami lakukan secara bertahap dengan menyesuaikan kondisi anggaran yang ada di pemerintah desa , sebelum memulai pelaksanaan kami sudah melaksanakan prosedur tahapan yang harus dipenuhi sesuai regulasi yang ada , termasuk yang terkait dengan pemanfaatan saluran tersier kami juga selalu berkoordinasi dengan pihak PU SDA kabupaten Pasuruan juga PU SDA provinsi Jawa Timur. Sedang untuk
Tahap 1 yang akan kami laksanakan adalah pemerataan lahan kemudian perindangan dengan menanam ragam pohon yang dapat memberikan nilai tambah sisi ekonomi.

Sesudah perihal tersebut terealisasi , maka kami akan membangun beberapa gasebo untuk tempat berjualan dengan menyajikan pelbagai hasil produk para pelaku UMKM yang ada di desa Kepulungan dan lahan TKD yang terbengkalai tersebut akan kami sulap menjadi Taman Wisata dan Sentral Kuliner di desa Kepulungan dan menarik minat pengunjung secara otomatis kami akan menyiapkan beberapa fasilitas untuk memanjakan pengunjung seperti tempat bermain anak-anak, berlayar naik perahu keliling area wisata dengan menikmati view persawahan yang berlatar Gunung penanggungan dan Arjuno serta semuanya akan kami kemas dalam nuansa Tempoe Doeloe dengan tidak meninggalkan nilai sejarah dan tidak mengurangi debit yang digunakan untuk mengairi sawah para petani karena kami juga akan mengoptimalkan sumur bor bantuan dari PT Coca cola.

Dan yang terakhir untuk pembangunan taman desa dan pusat kuliner ,kami targetkan awal bulan sudah terbangun dengan harapan warga desa Kepulungan dan yang dari luar desa bisa ngabuburit di wisata edukasi pertanian yang berlokasi di dusun Tugu desa Kepulungan dengan membeli ragam kuliner yang disajikan oleh para pelaku UMKM sambil menikmati keindahan view persawahan yang berlatar belakang gunung Penanggungan dan Arjuno serta meningkatkan rasa cinta para petani yang berprofesi sebagai pejuang pangan. Tambahnya!!!.(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *