Jelang Pemilu 2024, TNI-Polri dan Pemerindah Kabupaten Lumajang Gelar Apel dan Patroli Skala Besar

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Dalam rangka menjaga kondusifitas di Kabupaten Lumajang menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak pada 14 Februari 2024. Polres Lumajang, Kodim 0821 Lumajang dan Pemerintah Kabupaten Lumajang melaksanakan Gelar Pasukan dan Patroli Skala Besar bertempat di Halaman Polres Lumajang Jawa Timur, Selasa (6/2/2024).

Apel Gelar dengan tema “TNI-POLRI Kabupaten Lumajang siap melaksanakan pengamanan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024”, dipimpin langsung oleh Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik, S.I.K., Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., Sekda Kabupaten Lumajang Agus Triyono.

Dalam amanatnya, Kapolres Lumajang membacakan amanat tertulis Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto menekankan bahwa TNI-POLRI harus terus meningkatkan sinergitas dan soliditas dalam rangka menciptakan sitkamtibmas yang kondusif di wilayah Jawa Timur, khususnya dalam upaya menciptakan pemilu damai dan sejuk untuk demokrasi yang bermartabat.

“Patuhi dan taati segala bentuk peraturan yang berlaku, serta selesaikan setiap permasalahan sesuai dengan koridor hukum dengan tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan diantara kita,” ujarnya.

Selanjutnya, ia berpesan agar TNI-POLRI tetap jaga netralitas dalam pelaksanaan pemilu dan pemilukada serentak tahun 2024. “Laksanakanlah tugas dengan sebaik-baiknya karena tugas adalah kehormatan, tunaikanlah apa yang menjadi tanggung jawab masing- masing dengan tulus dan ikhlas karena pada hakikatnya hal tersebut adalah ibadah,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., mengatakan bahwa patroli berskala besar tersebut bertujuan untuk menunjukkan ke masyarakat sinergitas TNI dan Polri beserta jajaran penyelenggara pemilu, siap untuk bahu-membahu dalam mensukseskan Pemilu 2024.

“Intinya kita semua bersinergi mempersiapkan segala bentuk pengamanan dalam pelaksanaan Pemilu 2024, baik itu mulai dari masa pencoblosan hingga perhitungan,” kata dia.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Lumajang Agus Triyono menyampaikan pesan kepada Kepala Desa agar terus menjaga sinergitas dengan babinsa dan babinkamtibmas di wilayahnya guna menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif menjelang dan saat pelaksanaan Pemilu.

“Kepala desa diharapkan dapat menjaga sinergitas dengan babinsa dan babinkamtibmas di wilayahnya agar situasi di Kabupaten Lumajang tetap kondusif,” ucap Sekda.

Adapun rute yang dilalui pada patroli gabungan skala besar ini dimulai dari Makodim 0821 Lumajang menuju Balai Desa Purwosono, Balai Desa Petahunan, Balai Desa Boreng, dan berakhir di Balai Desa Denok. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *