Gotong Royong, Babinsa Sumberwuluh Bersama Warga Kerja Bakti Normalisasi Drainase

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Sebagai antisipasi terjadinya penyumbatan saluran aliran air, Babinsa Sumberwuluh Koramil 0821/09 Candipuro Sertu Nurhadi, bersama warga melaksanakan kerja bakti normalisasi pada drainase sepanjang 650 meter di jalan Dusun Krajan Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (10/1/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bergotong royong, dengan melakukan pengerukan material yang menyumbat pada drainase akibat adanya sampah dan sedimen menyebabkan aliran air terhambat sehingga pada saat hujan tiba, terjadi luapan air dan genangan.

Dalam kesempatan itu Nurhadi mengatakan, bahwa pembersihan drainase dimaksudkan untuk memperlancar saluran air yang berfungsi untuk mengalirkan kelebihan air yang berasal dari air hujan, agar tidak terjadi genangan yang berlebihan pada lokasi tertentu.

“Dengan kegiatan ini, merupakan wujud nyata Binter wilayah, bersama warga binaan bergotong royong dalam melakukan antisipasi dan pencegahan, minimal dengan melakukan pembersihan sampah dan pengerukan sedimen pada saluran air. sehingga pengaliran drainase di sepanjang jalan Dusun Krajan berjalan dengan lancar,”

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, untuk perlu peningkatan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama di saluran air yang dapat mencemari lingkungan dan menyebabkan aliran air menjadi terhambat, juga dapat menimbulkan bau tidak sedap dan menjadi sarang penyakit..

“Mari kita jaga kebersihan lingkungan kita, buanglah sampah pada tempatnya. Disamping itu, demi menjaga saluran aliran air pada drainase, agar masyarakat selalu bersama-sama peduli dengan melakukan pemeliharaan drainase secara rutin,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *