Babinsa Rojopolo, Bersama Warga Karya Bakti Pembangunan Plengsengan

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Pemeliharaan jalan tidak longsor, Babinsa Rojopolo Koramil 0821/12 Jatiroto Sertu Sugianto, bersama dengan warga melaksanakan karya bakti pembuatan plengsengan pinggir jalan, bertempat di Dusun Krajan Kidul RT 004 RW 004 Desa Rojopolo Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (22/1/2024).

Kegiatan tersebut, sebagai wujud pendampingan dan mengawal program pembangunan pemerintah desa, yang merupakan upaya pemeliharaan infrastruktur jalan, dengan tujuan untuk memperkuat pondasi jalan juga memberikan fungsi untuk aliran air agar tidak menggenang di jalan yang bisa mengakibatkan kerusakan pada jalan.

Dalam kesempatan itu, Sertu Sugianto mengatakan, bahwa pembuatan plengsengan selain bertujuan untuk pemeliharaan jalan, dalam menjaga longsor dan abrasi dari aliran air selokan dalam kondisi menghadapi musim hujan.

“Semoga dengan kegiatan ini, sebagai bentuk memelihara kerusakan alam di sepanjang jalan Dusun Krajan Kidul, untuk penahan jalan tetap kuat. Dan dengan kegiatan dapat memberikan dampak positif dalam memperkokoh persatuan, dengan meningkatkan silaturahmi bersama warga binaan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Rojopolo Sukiyanti mengatakan, bahwa pembangunan plengsengan yang dikerjakan sepanjang 150 meter dengan tinggi 80 meter dikerjakan menggunakan AAD, tahun 2023.

“Dalam pembangunan plengsengan dibuat sekuat mungkin, agar tanah tidak longsor dan bisa menahan jalan, agar dalam menghadapi musim penghujan sisi jalan tidak mudah longsor. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga plengsengan ini dengan maksimal,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *