Randupitu Fun Day Sehat Dan Ceria Sebagai Bentuk Pengejawantahan Dari Giat Rutin RDS Tentang Sosialisasi Pola Hidup Bersih Dan Sehat

Berita, Daerah317 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Randupitu Fun day adalah salah satu program Pemdes Randupitu yang dilaksanakan setiap bulan pada minggu kedua yang berkelanjutan dimana pelaksanaannya dipercayakan sepenuhnya kepada TP PKK desa dan Rumah Desa Sehat Randupitu yang dibantu oleh Karang Taruna Sakerra Muda dan komunitas Kim Gempar.

Berkait dengan perihal tersebut diatas ,pada hari minggu tanggal (08-09-2024) Rumah desa sehat Randupitu menyelenggarakan Randupitu Fun day sehat dan ceria yang acaranya dikemas dengan jalan santai,senam aerobik dan lomba senam Kreasi.

Giat tersebut dilaksanakan di dusun Randupitu desa Randupitu kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan ( sebelah barat jembatan tol) dan dihadiri oleh Camat Gempol Bapak H Komari SH, MM bersama ibu.

Pada sesi jalan sehat beliau berdua turut serta sebagai peserta dan bergabung berjalan santai bersama peserta lainnya tapi ketika sesi senam aerobik hanya Bu camat yang turut sebagai peserta.

Dalam pelaksanaan giat Fun day sehat dan ceria panitia juga melibatkan 80 orang pelaku UMKM desa Randupitu dengan menyiapkan tempat supaya dapat menjual hasil ragam produknya pada even yang diselenggarakan dan mengundang rekan -rekan Mahasiswa dari Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan UNU dari Pasuruan supaya turut serta berpartisipasi dalam even tersebut.

Semua sesi dalam even Randupitu Fun day sehat dan ceria dilombakan

Untuk Jalan sehat dan senam aerobik panitia hanya menyediakan hadiah door prize tapi khusus lomba senam Kreasi antar posyandu se desa Randupitu yang berjumlah pos posyandu panitia menyiapkan hadiah berupa Uang pembinaan dan piagam penghargaan buat juara 1, 2 dan 3 sedang untuk Juara harapan 1 sampai 6 hanya mendapat uang pembinaan dan piagam penghargaan saja.

See also  Ikut Peduli Masyarakat, Kapolres Pasuruan Melaksanakan Jum'at Curhat Dan Baksos Door To Door

Pada saat acara masih berlangsung Tim media harian merdeka post menemui ketua Rumah Desa Sehat yang juga ketua TP PKK desa Randupitu Ibu Kumil Lailah ( 08-09-2024) untuk meminta tanggapan tentang pelaksanaan Fun day sehat dan ceria yang sedang diselenggarakan pagi hari ini, beliau menjelaskan Fun day adalah salah satu program unggulan pemdes Randupitu dibidang ekonomi yakni program yang bersifat penyelenggara even dimana tujuan utamanya adalah untuk mempercepat perkembangan dan kemajuan UMKM yang ada di desa dengan cara memberikan ruang usaha bagi para pelaku UMKM desa Randupitu sebagai satu bentuk keseriusan memposisikan sebagai Base Promotion.Tuturnya!!.

Yang kedua lanjutnya

Posisi kami sebagai ketua Rumah Desa Sehat yang juga ketua TP PKK meningkatkan peran aktif atas program pemerintah desa Randupitu tersebut untuk sosialisasi langsung tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat yang kami kemas dalam rangkaian giat Jalan sehat, senam aerobik dan lomba senam Kreasi tanpa meninggalkan esensi realisasi pelaksanaan program Fun day untuk memberikan nilai tambah sisi ekonomi kreatif yang berbasis desa tersebut

Dasar dan tujuannya disamping sebagai ajang silaturahmi antar kader PKK dan Posyandu yang ada di desa Randupitu tercinta ini. Sebagai bukti ada 80 orang pelaku UMKM yang berjualan hasil ragam produknya dan Alhamdulillah tadi kami sudah lakukan cross check lapangan semua nya laku laris manis.

Jelasnya !!.

Yang terakhir kami mengucapkan terima kasih kepada para kader PKK dan Posyandu desa Randupitu yang tidak kenal lelah dan waktu yang selalu berupaya untuk mewujudkan desa Randupitu sehat dan sejahtera yang sudah menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan terutama untuk konvergensi Stunting untuk sektor kesehatan yang memang kami targetkan akhir tahun 2024 Randupitu Zero Stunting .

See also  Presiden Itu Harus Bisa Mengendalikan Diri

Begitu pula dengan langkah -langkah kreatif inovatif yang telah dilakukan oleh para kader PKK dan Posyandu di bidang ekonomi kreatif yang berbasis desa juga telah menampakkan hasil yang cukup memuaskan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga desa Randupitu. Tambahnya !!!.

Berdasarkan hasil pantauan dan monitor tim media harian merdeka post selama 2 tahun terakhir ini dalam pelaksanaan even di 15 desa yang ada di wilayah kecamatan Gempol baik dalam memeriahkan HUT RI atau even lainnya yang melibatkan masyarakat luas ada beberapa peluang yang mungkin bisa di pertimbangkan oleh 15 Pemdes yang ada di wilayah kecamatan Gempol terutama Bumdes untuk meningkatkan PAD dan kesejahteraan serta kualitas hidup warga desanya pelatihan sebagai perancang busana dan tata rias tanpa mengabaikan ragam potensi desa yang ada. Dasar substansialnya adalah seperti giat karnaval dari pakaian adat yang dibutuhkan dan rias wajah semuanya serba sewa dan menggunakan jasa perias yang costnya rata -rata cukup mahal, sebatas urun rembuk penulis yang mungkin bisa untuk dikaji dan pertimbangkan, dimana perihal tersebut tetap harus ada peran dari Pemkab Pasuruan.

Sedang khusus untuk pelaksanaan Fun day sehat dan ceria yang di laksanakan oleh Pemdes Randupitu yang dipercayakan kepada TP PKK desa dan Rumah Desa Sehat Randupitu telah terselenggara dengan lancar dan sukses serta memberikan multi impact positif diantaranya semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan yakni pola hidup bersih dan sehat dan even giat Fun day yang diselenggarakan oleh Pemdes Randupitu setiap bulan pada minggu kedua selalu memberikan keberkahan buat warga desa Randupitu yang menjadi pelaku UMKM.

( Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *