Perkembangan Kabupaten Kubu raya pasca pemekaran

Arikel, Berita, Daerah973 Views

harianmerdekapost.com,Pontianak-Kalbar

Kabupaten Kubu Raya adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia, yang resmi dibentuk pada tanggal 17 Juli 2007, setelah memisahkan diri dari Kabupaten Pontianak. Berikut ini adalah beberapa perkembangan yang terjadi di Kabupaten Kubu Raya pasca pemekaran.

Pertumbuhan Ekonomi

– Sektor Pertanian dan Perkebunan Kubu Raya memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan perkebunan, terutama dalam produksi kelapa sawit, karet, dan berbagai jenis hortikultura. Investasi di sektor ini terus meningkat, menarik minat investor baik lokal maupun nasional.

-Perikanan dan Kelautan.Dengan wilayah pesisir yang luas, sektor perikanan dan kelautan juga menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Kubu Raya. Pemerintah daerah aktif mengembangkan budidaya ikan dan udang.

Infrastruktur

Transportasi. Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan terus dilakukan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah. Peningkatan aksesibilitas ini diharapkan dapat mempercepat distribusi barang dan jasa.

Pelabuhan. Pengembangan pelabuhan-pelabuhan kecil dan peningkatan fasilitas di pelabuhan besar seperti Pelabuhan Rasau Jaya, untuk mendukung aktivitas ekspor-impor.

 

Sektor Pariwisata

Destinasi Wisata Alam. Kabupaten Kubu Raya memiliki potensi wisata alam yang meliputi pantai, hutan mangrove, dan sungai. Upaya pengembangan pariwisata dilakukan dengan memperbaiki akses ke lokasi-lokasi wisata dan meningkatkan fasilitas pendukung.

Kebudayaan dan Festival. Pemerintah daerah juga menggalakkan berbagai acara kebudayaan dan festival untuk menarik wisatawan dan melestarikan budaya lokal.

Pendidikan dan Kesehatan.

Fasilitas Pendidikan. Pembangunan dan perbaikan fasilitas pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, menjadi prioritas untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Layanan Kesehatan. Peningkatan layanan kesehatan dengan membangun puskesmas, klinik, dan rumah sakit di berbagai kecamatan.

Administrasi dan Pemerintahan.

  -Pelayanan Publik. Pembenahan dalam sistem pelayanan publik dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat.

-Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat. Pemerintah daerah menggalakkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan melalui musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dan program-program pemberdayaan masyarakat.

Secara keseluruhan, pasca pemekaran, Kabùupaten Kubu Raya mengalami banyak kemajuan di berbagai sektor. Meski demikian, tantangan seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan peningkatan daya saing ekonomi masih menjadi fokus utama pemerintah daerah.[sy.yusuf,khadavi]