Asal usul orang Melayu Pontianak

Arikel, Budaya, Daerah952 Views

Harianmerdekapost.com, Pontianak, Kalbar –Asal usul orang Melayu Pontianak, yang mendiami kota Pontianak di Kalimantan Barat, Indonesia terkait erat dengan sejarah pendirian kota tersebut dan perkembangan wilayah sekitarnya. Berikut adalah beberapa poin penting mengenai asal usul mereka

Pendiri Pontianak Kota Pontianak didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie pada tahun 1771. Ia berasal dari keturunan Arab yang kemudian menetap dan memimpin di wilayah tersebut.

Keturunan Melayu Sebagian besar penduduk Pontianak adalah orang Melayu. Mereka merupakan keturunan dari berbagai kelompok etnis Melayu yang telah lama mendiami wilayah pesisir Kalimantan. Etnis Melayu ini memiliki hubungan erat dengan orang Melayu di Semenanjung Malaya, Sumatera, dan daerah lainnya di Nusantara.

-Pengaruh Migrasi dan Perdagangan Pontianak sebagai kota pelabuhan penting pada masa lalu telah menjadi tempat bertemunya berbagai bangsa dan etnis melalui jalur perdagangan. Pengaruh ini membawa masuknya berbagai kelompok etnis, termasuk Bugis, Jawa, Tionghoa, dan Arab, yang kemudian berbaur dengan penduduk lokal Melayu.

Budaya dan Bahasa – Orang Melayu Pontianak memiliki budaya dan bahasa yang khas. Bahasa Melayu Pontianak merupakan salah satu dialek dari bahasa Melayu yang dipengaruhi oleh bahasa-bahasa dari kelompok etnis lain yang ada di Pontianak.

-Adat dan Tradisi, Orang Melayu Pontianak memegang teguh adat dan tradisi Melayu, termasuk dalam upacara adat, pakaian, dan makanan. Islam juga memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Secara keseluruhan, orang Melayu Pontianak merupakan hasil dari perpaduan sejarah, migrasi, dan interaksi budaya yang kompleks, mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah Kota Pontianak itu sendiri.( Andi azwar,Sy yusuf)