Bupati Sumenep Secara Resmi Buka Pagelaran Madura Culture Festival 2024

Berita, Daerah658 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo membuka pagelaran Madura Culture Festival 2024, Sabtu ( 07/09 ).

Kegitan yang berlangsung di Stadion A. Yani Pangligur Kecamatan Kota Sumenep itu diikuti oleh beberapa kabupaten atau kota diwilyah tapal kuda jawa timur.

Berbagai seni dan budaya ditampilkan dalam Madura Culture Festival 2024 itu, malui dari Kabupaten Sumenep sendiri yang menampilkan The Art of Pentahelix, Kabupaten Sampang Tari Malate Sato’or, Kabupaten Bangkalan Tari Rampak Lalapan dan Kabupaten Pamekasan Tari Pornama.

Sementara Kabupaten atau Kota luar Pulau Madura yaitu Kabupaten Situbondo adalah Tari Saroan, Kabupaten Lumajang Tari Batik Lumajang, Kabupaten Bondowoso Tari Sonar Ki Ronggo, Kota Pasuruan Tanjung Tambikar, Kabupaten Jember Tari Gendawa dan Kabupaten Banyuwagi menampilkan Tari Oprong.

Selain itu, dalam pegelaran tersebut pemkab setempat juga menyuguhkan pertunjukan musik Tong-tong sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang dimiliki Sumenep, yakni grup Tong-tong Puser Angin Kecamatan Pasongsongan dan Baladewa Kecamatan Kalianget. 

“Kami ingin melalui Madura Culture Festival Kabupaten atau Kota Madura Raya, semakin memupuk rasa kebersamaan dalam rangka mempromosikan potensi setiap daerah kepada masyarakat luas,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo.

Disamping itu, politisi PDIP tersebut juga berjanji untuk selalu menjaga dan merawat kelestarian seni dan budaya sebagai warisan leluhur, supaya keberadaannya tidak tergerus perkembangan zaman apapun. 

“Semoga kegitan ini dapat membangun jejaring dan meningkatkan kebersamaan mengembangkan daerah melalui seni dan budaya,” pungkas Bupati. (*/Nri)

See also  Start Touring Pesona Delta ke-6 di Pendopo Kabupaten Sidoarjo Memeriahkan HARJASDA 165 th

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *