Peran Pemuda Dusun Randupitu Tengah Desa Randupitu Yang Tergabung Pada Komunitas Parete “Dalam Mengembangkan UMKM Di Desa Industri Pada Bulan Suci Ramadhan”

Berita, Daerah, Sosial704 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Salah satu program pemerintah desa Randupitu kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan adalah pembinaan kepada para pemuda -pemudi yang tergabung dalam beberapa komunitas kepemudaan yang sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Dan landasan utama yang ditanamkan adalah rasa memiliki desa Randupitu dan keterlibatan tiap komunitas pemuda dalam membangun desa sesuai porsi dan tupoksi.

Sebagai contoh sejak awal bulan suci Ramadhan hari selasa tanggal (11-03-2024) Pemuda Dusun Randupitu Tengah Desa yang tergabung dalam komunitas PARETE yang merupakan salah satu binaan Pemdes Randupitu menyelenggarakan event Bazar Ramadhan selama bulan suci Ramadhan dimana giat tersebut disentralkan di sebelah barat Jembatan di dusun Randupitu tengah desa Randupitu kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan yang selalu dimulai jam 15.30 wib -selesai.

Pelaku UMKM desa Randupitu yang mengikuti giat Bazar Ramadhan berjumlah 24 stan ( Berdasarkan hasil cross check awak media harian merdeka post di lapangan).

Berdasarkan hasil pantauan dan monitor tim media harian merdeka post di lokasi pelaksanaan (24-03-2024) baik dari warga desa Randupitu dan luar desa setiap hari sangat banyak sekali.

Ketika acara bazar Ramadhan masih berlangsung,Tim media harian merdeka post menemui Ketua komunitas PARETE Mas Alitin (24-03-2024) untuk meminta tanggapan tentang penyelenggaraan Bazar Ramadhan, menjelaskan bahwa kami dari komunitas PARETE turut mengambil peran sebagai Sub Promotion Base untuk turut serta membuat Bazar Ramadhan sesuai dengan arahan yang telah diberikan oleh kepala desa Randupitu Mochammad Fuad supaya para peminat kuliner dari luar desa Randupitu di desa Industri. Dengan tujuan utama untuk mempercepat perkembangan UMKM desa Randupitu dan demi memberikan nilai tambah sisi ekonomi kreatif yang berbasis desa serta meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM yang ada. Jelasnya!!(Budhi H).