oleh

Warga Desa Suai di Malaka Persoalkan Bantuan Beras di Masa Pandemi Covid-19

Kupang, harianmerdekapost.com- Kedua warga Desa Suai Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka mempersoalkan bantuan beras yang disalurkan di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kepada wartawan di Betun pada 29 September 2020, sedikitnya dua warga yakni Novalinda Hoar, Nahak, mempersoalkan persoalan bantuan beras tersebut.

Novalinda Hoar, mengatakan selama masa pendemi virus Corona saya tidak mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah desa Suai.

“Informasi bantuan beras untuk warga yang terkena dampak covid itu awalnya nama saya tercatat tapi pada saat penerimaan bantuan beras itu saya tidak terima,” katanya kepada wartawan.

“Saya diberitahu oleh kepala dusun Umahalihun, Walius Kehi bahwa saya sudah tidak terima karena saya tidak memiliki KTP atau KK,” ucap Nova menirukan Kadus.

Menurut dia, selama ini saya tidak pernah mendapatkan bantuan BLT, BST dan PKH tapi kenapa saat bantuan beras ini saya pula tidak menerima. Sementara beras yang tersimpan di kantor desa Suai itu setidaknya 4/5 hari tapi beras tersebut tidak dibagikan kepada warga.

“Apakah tidak ada kebijakan untuk saya?” Tanya Nova dengan nada sedih.

Dikatakan, pemerintah harus adil dalam menyalurkan bantuan karena masih ada sejumlah warga yang belum menerima bantuan apapun di masa pandemi Covid-19.

“Kalau saya, beras itu diberikan kepada orang yang sama sekali tidak terima BLT, PKH, BST selama ini. Sehingga semua merasa diperhatikan,” ujarnya.

Untuk itu, masalah-masalah yang meresahkan ini akan dilaporkan ke DPRD Kabupaten Malaka untuk diselesaikan dalam rangka menjamin hak-hak masyarakat di Desa Suai.

Sementara Penjabat Desa Suai, Eduardus Bere Atok mengatakan, beras yang tersimpan di Kantor desa itu adalah Beras bantuan jaring pengaman sosial dampak covid-19 di Kabupaten Malaka dari pemprov NTT. Desa suai mendapat 108 kg (@ 30 kg). Tanggung jawab pendistribusian kepada penerima manfaat berada pada dinas sosial, kepala desa dan aparatnya bertanggung jawab atas pengamanannya barang tersebut di kantor desa. Oleh krn itu sejak beras turun hingga saat ini selalu ada petugas yang menjaga di kantor. (R-25/NL)

Untitled-1
Untitled-1
WhatsApp Image 2020-10-12 at 21.14.59
WhatsApp Image 2020-10-12 at 21.14.59 (1)
WhatsApp Image 2020-10-13 at 14.18.12
WhatsApp Image 2020-09-30 at 06.08.24
WhatsApp Image 2020-09-28 at 08.08.0

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed