Warga dan Linmas Banyu Urip Kidul Surabaya, Giat Jaga Ronda Malam

banner 300250

banner 300250

Surabaya, harianmerdekapost.com – Untuk meningkatkan keamanan pada malam hari, warga dan linmas Bukid lll Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan Kota Surabaya, mengaktifkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) atau yang biasa disebut dengan ronda malam. Selain untuk keamanan, siskamling ini juga dapat membantu warga yang sedang membutuhkan bantuan.

Ketua koordinator linmas Sugeng Herminanto mengatakan, kegiatan ronda malam ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pada malam hari. Dimana, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan dapat menekan angka kriminalitas serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada malam hari.

Selain dalam hal keamanan, Lanjutnya, ronda malam ini juga berfungsi untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan pertolongan seperti terjadinya warga ada yang sakit dan lain sebagainya.”Kalau terjadi ada yang sakit atau musibah lainya kan yang lagi ronda itu langsung tanggap dan langsung membantu,” kata Sugeng, Selasa (3/3/2020) malam.

Sementara itu ketua RW 05 Handri Tri Prawono menjelaskan, selain untuk meningkatkan keamanan dan membantu masyarakat, kegiatan ronda malam ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan juga mempererat rasa persatuan antar warga. Dimana, warga yang tadinya jarang berbaur dan berkumpul, kini bisa berkumpul kembali pada kegiatan tersebut.

“Warga yang tadinya tidak pernah keluar malam kini keluar malam, warga yang tadinya cangkruk’an kini sudah tidak lagi karena sudah terbiasa melakukan komunikasi dengan warga lainnya,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh warga di Banyu Urip Kidul setempat agat tetap aktif dan ikut serta dalam kegiatan siskamling, sehingga keamanan di Banyu Urip Kidul ini terus terjaga.

“Saya imbau kepada seluruh warga untuk turut serta dalam melaksanakan jaga ronda malam di siskamling, supaya kampung kita ini bisa terus aman,” pungkasnya.

Hadir dalam giat jaga ronda malam di RT 04 / RW 05 Kelurhana Banyu Urip Surabaya di hadiri. Ketua RW 05 Handi Tri Prawono, wakil ketua RT 01 Mariyanto, ketua RT 02 Sugeng Herminanto, wakil ketua RT 02 dan stafnya, ketua RT 05 Agus Harso, ketua RT 04 Subaidi beserta stafnya, warga RT 04 dan 2 anggota linmas.

Jurnalis: Bairi

Editor: Sabairi

banner 300250