Warga Bersama Babinsa 0820/10 Kuripan Membangun Desa

banner 300250

banner 300250

Kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) terus dilakukan para Babinsa di wilayah Kodim 0820/Probolinggo. Kegiatan pembinaan teritorial yang dilakukan berupa karya bakti di wilayah binaan masing-masing. Pembinaan teritorial tersebut sesuai dengan Peraturan Kepala Staf TNI AD yang mewajibkan seorang Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan Komando Rayon Militer. Selain itu, karya bakti pun bertujuan membangun sinergitas dengan masyarakat/warga binaanya.


Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Kopka Wahyudi Babinsa Koramil 0820/10 Kuripan. Babinsa tersebut melaksanakan kegiatan Binter berupa Karya Bhakti perbaikan jalan tembus berbatu (jalan makadam) Panjang 800 meter dan lebar 2,5 meter di Dusun Braholo RT 10 RW 06 Desa Kedawung Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo.
Senin, (16-3-20).

Kegiatan karya bhakti tersebut merupakan salah satu tugas pokok Babinsa untuk membantu meringankan beban kehidupan masyarakat dalam mengatasi kesulitan serta meningkatkan kerja sama antara masyarakat dan Babinsa di wilayah binaan. Dengan karya bhakti tersebut diharapkan sinergitas antara TNI dan masyarakat di tingkat bawah. Selain itu, karya bhakti tersebut pun memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Turut hadir dan ikut membantu dalam kegiatan tersebut antara lain Iis indarsih Ibu Pjs kepala desa kedawung,kepala dusun kuripan wetan,Babinsa Koramil 0820/10 Kuripan dan warga masyarakat setempat sekitar 50 orang.

Disela-sela kesibukannya ibu Iis indarsih saat dikonfirmasi oleh awak media memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Bapak Babinsa Koramil 0820/10 Kuripan yang telah membantu masyarakat memperbaiki jalan dan membantu mengurangi beban hidup warga binaanya.semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang positif untuk kehidupan warga masyarakat setempat, ungkapnya.

Sementara itu ditempat yang berbeda Kapten Inf Subei Sugino Danramil 0820/10 Kuripan menyatakan “tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) TNI, tidak hanya perang, tetapi juga memiliki tugas lain yakni, pembinaan teritorial dan didalamnya melaksanakan karya bhakti. Dalam penguatan tugas pembinaan teritorial itu, TNI menurunkan sejumlah anggotanya untuk melakukan pembinaan wilayah teritorial, dengan sebutan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di seluruh Desa dan Kelurahan.Tidak mudah mengemban tugas sebagai seorang Babinsa, karena selain melakukan pertahanan wilayah. Babinsa juga harus siap menjalankan tugas pokok lainnya guna membantu masyarakat. Untuk itu, masyarakat pun diharapkan memberikan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan pembinaan teritorial yang dilaksanakan Babinsa di tingkat desa atau kelurahan. Kegiatan-kegiatan tersebut jelas akan membawa dampak positif bagi masyarakat. Tegasnya Danramil 0820/10 Kuripan.(umar)