Upaya Percepatan Pemulihan Pasca Bencana di Lumajang Terus Digencarkan 

Berita, Sosial, TNI/Polri1120 Views

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim | Petugas gabungan TNI-POLRI dan sejumlah dinas terkait di Kabupaten Lumajang, terus melakukan upaya pemulihan pasca terjadinya bencana banjir/lahar semeru yang terjadi beberapa hari lalu.

Hari ini, salahsatunya pembersihan rumah/pemukiman warga di Dusun Kedungwaringin Desa Nguter Kecamatan Pasirian, terus digencarkan.

Dikonfirmasi awak media, Sertu Eko Prasetyo Babinsa Desa Nguter berkata, jika personel TNI untuk terus bersinergi, mendukung upaya percepatan pemulihan pasca bencana.

“Upaya pemulihan saat ini terus dilakukan. Kami (TNI -red) terus bersinergi dengan Polri dan pemerintah daerah, perangkat desa serta para relawan melakukan upaya-upaya. Salahsatunya pemberian pemukiman warga yang menjadi dampak peristiwa yang terjadi,” kata Sertu Eko, Selasa (11/7/2023).

Ditegaskan, keterlibatan personil TNI dalam tahapan bersifat keseluruhan, termasuk di lokasi pengungsian dan juga lingkup yang lain.

Menurutnya, keperluan masyarakat khususnya korban dalam hal ini menjadi prioritas. Ditanya soal kecukupan logistik bagi korban, Sertu Eko mengatakan hingga saat ini dalam kondisi aman/terpenuhi.

TNI membuka ruang selebar-lebarnya bagi masyarakat khususnya korban untuk menyampaikan hal mengenai keperluan dalam ranah keperluan pasca bencana, dalam konteks keperluan darurat.

“Sampai saat ini, proses tahapan pemilihan/penanganan terus dimaksimalkan. Masyarakat kami minta menyampaikan pada petugas di lapangan jika ada hal yang perlu ditindaklanjuti. Ini merupakan kehadiran negara dalam situasi menyikapi sebuah terjadinya bencananya,” imbuhnya. (fjr).