oleh

UNIKI memberi Santunan Puluhan Anak Yatim dalam Syukuran Hari Jadinya

Harianmerdekapost.comAceh. Tepat di hari ke 17 ramadhan, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) memperingati Hari jadi atau Milad ke-2 tahun berdirinya UNIKI. Yakni jatuh pada tanggal 30 April 2021 kemarin. Namun secara resmi kegiatan syukuran dilakukan segenap unsur Yayasan, Pimpinan, serta dosen UNIKI di hari sabtu (01/05/2021) dengan memberi santunan puluhan anak yatim di sekitar Desa berbatasan dengan kampus UNIKI yakni gampong Blang Bladeh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen.

Acara syukuran Milad UNIKI ini diteruskan dengan buka puasa bersama anak-anak yatim tersebut.
.
Acara Santunan anak yatim, dilakukan langsung oleh Ketua Yayasan Kebangsaan, sebagai badan penyelenggara UNIKI, Hj. Nuryani Rachman, S.Pd., M.M, berupa pemberian bingkisan uang tunai. Hadir dalam acara tersebut, pimpinan Yayasan, Pimpinan UNIKI dan dosen serta pengurus Organisasi Mahasiswa.
.
Juga pada saat yang sama, Yayasan meresmikan Mushalla Kampus UNIKI dengan nama Mushalla Al-Imarah, yang berarti Kepemimpinan. Mushalla yang terletak di sektor utara kampus ini berkapasitas sekitar 200 orang dapat shalat secara berjemaah. Harapan Yayasan, mushalla ini dapat membangun nuansa Islami di kampus, termasuk dalam pembelajaran Al-Quran bagi mahasiswa, serta proses belajar mengajar untuk mata kuliah PAI yang diwajibkan di semua program studi untuk menempuh 6 sks selama 3 semester awal, demikian harap Ketua Pembina Yayasan, Dr. H. Amiruddin Idris.
.
Dalam sambutannya, Amiruddin menguraikan kilas balik keberadaan UNIKI, yang lahir dari penggabungan tiga perguruan tinggi sebelumnya di bawah Yayasan kebangsaan Bireuen dan Bina Bangsa Lhokseumawe. Yakni STIE Kebangsaan menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, STIH Kebangsaan menjadi Fakultas Hukum dan Syariah, serta STMIK Bina Bangsa Lhokseumawe menjadi Fakultas Komputer dan Multimedia.
.
Hal ini menyahuti program nasional berbasis insentif dalam peningkatan mutu dan pemantapan manajemen perguruan tinggi swasta. Sehingga tanggal 30 April 2019 lalu berdirilah UNIKI dengan membawa 3 fakultas hasil penggabungan, di tambah dua Fakultas baru yakni Fakultas Sain Pertanian dan Peternakan (Faperta) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIKI. Insya Allah, dalam jangka dekat akan bertambah Fakultas Teknik, ujar Amiruddin.
.
Selama dua tahun perjalanan UNIKI, banyak perkembangan yang dilakukan, baik peningkatan akreditasi program studi, peningkatan mutu akademik dan yang paling menjadi perhatian adalah pembangunan sarana prasarana perkuliahan dan kantor pelayanan akademik. Kampus yang dibangun diatas tanah hampir 2 hektar ini memiliki 32 ruang belajar, dan 12 ruang perkantoran berlantai tiga.
.
Alhamdulillah, saat ini, sebut Amiruddin, di kampus UNIKI telah memiliki lebih 3500 mahasiswa aktif, dari beberapa daerah. Dan sekitar 2000 mahasiswa yang mengikuti studi di 7 program studi di lingkungan UNIKI adalah putra terbaik di kabupaten Bireuen dan sekitarnya yang ekonomi keluarganya miskin. Mereka mendapatkan beasiswa bidik misi, yang saat ini disebut beasiswa KIP Kuliah Kampus Merdeka, pungkas anggota DPR Aceh ini.
.
Hal senada juga disampaikan oleh Rektor UNIKI, Prof. Dr. Apridar, bahwa UNIKI juga akan memberi bantuan pendidikan penuh, kepada remaja lulusan SLTA atau pesantren yang hafiz Al-Quran. Tahun ini, insya Allah tersedia 50 beasiswa khusus Hafiz Al-Quran, dengan batas minimal 15 juz, ujar Apridar. Untuk niat ini, kami telah menjalin beberapa kerjasama dengan pihak sekolah SMA dan beberapa Pesantren di Kabupaten Bireuen dan Aceh Utara, tambah Rektor.
.
Kesempatan ini masih dibuka, baik untuk jalur Beasiswa, maupun jalur Mandiri dan siswa berprestasi. Untuk tahap pertama hingga 30 Mei mendatang. Dan Penerimaan mahasiswa tahap kedua, dimulai 1 Juni hingga 30 Juli 2021, tutup Prof. Apridar. (Konedi)

WhatsApp Image 2021-04-14 at 21.24.10
iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed