TPA Mambaul Ulum Bata-bata Pamekasan, Gelar Wisuda ke XXVI

-Berita-129 Dilihat
banner 300250

banner 300250

PAMEKASAN,harianmerdekapost.Com – Taman Pendikan Al-qur’an (TPA) Mambaul Ulum Bata-bata, menggelar wisuda angkatan ke XXVI bertempat di Dusun Bata-bata Desa Panaan Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan Provinsi Jawa Timur. Ahad (01/03/2020).

Pelaksanaan wisuda tersebut rutin digelar setiap tahun, secara meriah, khidmat dan lancar.

Wisudawan TPA Muba diharapkan, dapat menerapkan kemampuannya dalam membaca Al-qur’an. Terlebih dalam meningkatkan akhlakul karimah.

Metode pembelajaran anak didik di TPA Muba, menggunakan metode At-Tanzil yang dirangkum sendiri oleh Kepala TPA Muba Al-Ustadz Suroto Suruji.

Metode tersebut sangat praktis untuk kalangan anak dibawah umur. Terlebih, bagi pemula dalam belajar membaca Al-qur’an dari berbagai kalangan usia. Karena, di dalamnya lengkap berisi tata cara baca cepat, tepat dan akuntabel.

Metode belajar membaca Al-qur’an At-Tanzil sudah tidak asing lagi dikalangan Jawa Timur. Bahkan, metodi At-tanzil ini juga digunakan diberbagai daerah di Indonesia.

Wisudawan ke XXVI ini merupakan anak didik yang betul-betul mumpuni dibidangnya. Dengan berbagai tes saringan yang sangat ketat. Sehingga, dapat dinyatakan lulus dalam proses belajar At-tanzil.

Peserta wisuda ke XXVI tersebut, di demonstrasi kemampuan membaca Alqur’an di depan khalayak umum mengunakan alat peraga dan mushaf Al-qur’an.

Dalam acara tersebut, Para tamu undangan diberikan waktu untuk menguji kemampuan para wisudawan dengan menggunakan alat peraga yang telah disediakan.

Adapun jumlah peserta wisuda pada tahun ini berjumlah 78 anak, dengan rincian laki-laki 45 anak dan Perempuan 33 anak.

Dari 78 wisudawan tersebut, diambil dua “Tauladan Reguler” dan dua “The best of the best tahfidz”.

Kategori “Tauladan Reguler” putra diraih oleh ananda Angga Saifullah, dari Desa Plakpak Pegantenan. Sedangkan untuk puteri diraih oleh anada Dian novita zainuddin, asal Desa Angsanah Palengaan.

Adapun untuk kategori “The Best Of The Best Tahfidz” putra diraih oleh ananda Moh. Ali Ridho, asal Dusun Pakes Desa Rek Kerrek Palengaan. Sedangkan untuk puteri diraih oleh ananda Maulidatur Riskiyah, alamat Dusun Karang Anom Desa Panaan Palengaan.

Pengasuh Ponpes Mambaul Ulum Bata-bata RKH. Moh.Tohir Zain Bin Abdul Hamid dalam sambutannya mengatakan, untuk kedepannya acara ini harus mempunyai motif warna kuning karena kuning itu merupakan lambang emas atau kesuksesan

“Seperti halnya lambang yang di gunakan di Raja Brunai Darussalam,” Dawuh beliau kepada seluruh jajaran Pengurus Taman Pendidikan Al-qur’an Mambaul Ulum Bata-bata.

Sementara itu, salah seorang wali murid bersyukur dan bahagia dengan adanya wisuda hari ini karena adiknya dinobatkan “The best of the best Tahfidz”. Terlebih lagi karena sudah bisa mengaji Al-qur’an dan mengenal dalil-dalil dalam Al-qur’an.

“Alhamdulillah adik saya Maulidatur Rizkiyah berkat keihlasan dan ketabahan para asatidz, adik bisa ngaji. Semoga pengorbanan beliau dibalas oleh Allah,”Tandasnya. (Rai)

banner 300250