oleh

TOT Ekonomi Komunitas Berbasis Digital DDII Jatim

Laporan: Sudono dan Tom Mas’udi

Harianmerdekapost.com- “Training Of Trainer Ekonomi Komunitas Berbasis Digital yang diselenggarakan DDII Jatim ini merupakan suatu upaya untuk menyelesaikan problem ekonomi umat. Sering kali kita mengeluh soal keterbatasan ekonomi kita, tapi tidak berusaha melakukan apa-apa “, demikian kata KH Fathur Rohman, Ketua Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Jawa Timur ketika membuka TOT Ekonomi Komunitas Berbasis Digital yang diselenggarakan Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Jawa Timur, Rabu (7/4) di kompleks masjid Al-Hilal, Markas Dewan Da’wah Jatim.

TOT Ekonomi Komunitas Berbasis Digital ini, lanjut Kyai Fathur, merupakan media untuk mengembangkan ekonomi umat agar lebih maju. ” Yakinlah bahwa jika kita berusaha dengan sungguh-sungguh pasti Allah akan menunjukkan jalanNya. Sebagaimana Firman Allah:

وَا لَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا  ۗ وَاِ نَّ اللّٰهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik,” lanjut Kyai Fathur seraya mengutip
AlQuran Surat Al-‘Ankabut 29:69.

Kyai Fathur berharap agar setelah mengikuti program ini para pesert bisa mengembangkan hasil TOT ini di seluruh Pengurus Daerah DDII se Jatim atau di komunitas masing masing.

“Mari kita raih kejayaan dunia dengan tidak melupakan akhirat sebagaimana Firman Allah dalam Surat Al Qashas ayat 77:

وَا بْتَغِ فِيْمَاۤ اٰتٰٮكَ اللّٰهُ الدَّا رَ الْاٰ خِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَاَ حْسِنْ كَمَاۤ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْـفَسَا دَ فِى الْاَ رْضِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ

“Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan,” kata Kyai Fathur yang juga Direktur Pondok Pesantren eLKISI Mojokerto ini.

Sementara itu, Fuad Salim dan Fahmi Tibyan sebagai Organizing Committee dan Steering Commitee acara TOT ini menyampaikan agar para peserta dapat mengikuti TOT Ekonomi Komunitas Berbasis Digital ini dan bisa mengaplikasikannya untuk kemajuan ekonomi masyarakat.

Sebagai program yang telah dibahas dalam Rakorwil Dewan Da’wah tanggal 3 April kemarin di Trawas Mojokerto, peserta TOT ini terdiri dari Pengurus DDII Jatim, DDII Daerah se Jatim, Muslimah DDII Jatim, Laznas DDII Jatim, serta Pemuda DDII Jatim.

Sedang pemateri TOT Ekonomi Komunitas Berbasis Digital ini adalah ust. Agus Muhammad Maksum selaku Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat DDII Jawa Timur

Yang menarik, peserta dari Dewan Da’wah daerah yang pertama kali hadir dari Tulungagung, ketika ditanya panitia tentang motivasi mengikuti acara ini,
Shofi Lutfiana dan Hulwana Rosyidah, mengatakan : “Kami biasa datang ke acara apapun tepat waktu, on time, dan materi TOT ini sangat sesuai dengan kami sebagai generasi Z yang milenial, generasi 4.0”.

Peserta yang lain, Oldy Solihah dari Muslimat Dewan Da’wah Kediri yang tinggal di Pare merasa sangat bersyukur bisa berkesempatan mengikuti acara ini, “Tentu kami bertekad akan mengaplikasikan materi TOT ini untuk pemberdayaan ekonomi umat dan masyarakat supaya agar kita bisa mandiri, agar kedepannya ekonomi kita tidak dikuasai asing ataupun aseng”, tutur Oldy.(Sudono&Tom)

WhatsApp Image 2021-04-14 at 21.24.10
iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

News Feed