oleh

TNI AL Terima 53 Dokumen ABK KRI Nanggala-402

Harianmerdekapost.com – Jakarta,DKI
Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menerima 53 dokumen Akta Kematian ABK KRI Nanggala-402 yang diserahkan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrulloh, S.H., M.H., bertempat di Lobby Gedung Utama R.E. Martadinata Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. (30/4/2021).

Penyerahan dokumen ini sebagai wujud dukungan Kementerian Dalam Negeri untuk memudahkan keluarga atau ahli waris dalam mengurus administrasi dokumen pokok atas gugurnya prajurit-prajurit terbaik TNI AL yang On Eternal Patrol di perairan utara Bali saat melaksanakan latihan penembakan torpedo pada Rabu (21/4) dini hari lalu di kedalaman 838 meter.

Selain akta kematian, juga ikut diserahkan dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) terbaru bagi keluarga yang ditinggalkan.

Dirjen Dukcapil mengatakan penerbitan dokumen kependudukan ini dilakukan secara cepat, mudah dan gratis. Keluarga korban tidak perlu mengurus sendiri, karena sudah diuruskan oleh jajaran Dukcapil kabupaten/kota sesuai alamat KTP-el atau Kartu Keluarga (KK) korban.

“Kami atas nama Menteri Dalam Negeri turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas gugurnya putra-putra terbaik bangsa para awak kapal KRI Nanggala-402. Kami menyampaikan dokumen kependudukan berupa akta kematian, kartu keluarga dan KTP-el terbaru satu pintu melalui Mabes TNI AL agar dapat diserahkan kepada keluarga yang ditinggalkan para korban,” terang Dirjen Dukcapil Zudan Arif.

Sementara itu, Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas respon cepat Dukcapil dengan menerbitkan akta kematian dan dokumen lain yang dibutuhkan para keluarga korban.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian Dalam Negeri yang sangat responsif. Kami secepatnya akan menyerahkan kepada keluarga korban,” kata Wakasal.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Asisten Intelijen (Asintel) Kasal Laksda TNI Angkasa Dipua, S.E., M.M, Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, S.E, M.M, Sekdiswatpersal Kolonel Laut (P) Bram Rusman Namin, dan Kasubdis Sahguna Disminpersal Kolonel Laut (S/W) Dwi Susilowati, S.E., M.A.P.

Jurnalis (syt/time)

News Feed