oleh

TINGKATKAN NILAI SPIRITUAL, UMAT HINDU TNI AL LAKSANAKAN TIRTAYATRA

Harianmerdekapost.com – Jakarta,DKI
Guna meningkatkan nilai Spiritual sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta membulatkan komitmen agar memiliki motivasi yang kuat dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara, Umat Hindu Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Wilayah Jakarta melaksanakan Tirtayatra ke Parahyangan Agung Jagatkarta Bogor, Jawa Barat. (21/11/2020).

Tirtayatra adalah kegiatan ritual umat Hindu untuk meningkatkan spiritual dengan cara melakukan perjalanan mengunjungi tempat-tempat suci, melakukan persembahyangan, meditasi dan japa, memuja Tuhan dengan mengumandangkan lagu pujian, doa dan mantra guna memperoleh vibrasi dari Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan yang diikuti lebih kurang 50 peserta yang terdiri dari Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil serta keluarga perwakilan dari Kotama-Kotama dan Lantamal wilayah Jakarta ini mengusung tema “Melalui Tirtayatra Kita Tingkatkan Srada dan Bhakti Sebagai Sumber Disiplin, Moralitas serta Semangat Pengabdian dalam Pelaksanaan Tugas”. Kegiatan ini sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Kadisbintalal) Laksamana Pertama TNI Drs. Ian Heriyawan dalam amanatnya mengajak umat Hindu untuk mengambil intisari dari kegiatan ini bahwa agama Hindu esensinya mengolah rasa sehingga perwujudan atau ekspresi agama adalah ekspresi orang yang tenang dan damai serta bisa memelihara nilai nilai kemanusiaan.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubdisbintrajuang Dinas Pembinaan Mental TNI AL (Disbintalal) Kolonel Laut (KH) Drs. Wayan Suadnyana, M.M. mengatakan bahwa kegiatan Tirtayatra umat Hindu dapat dilaksanakan di berbagai tempat suci yang memiliki nilai tradisi, histori dan potensi wisata spiritual. Oleh karena itu panitia pelaksana memilih lokasi pura yang ada di Jawa Barat sebagai tempat penyelenggara pelaksanaan kegiatan Tirtayatra Rohani Hindu TNI AL Tahun 2020.

Selain melaksanakan persembahyangan bersama, Tirtayatra ini diisi juga dengan Dharma Wacana yang disampaikan oleh Ketua Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bogor Dr. Ir. I Wayan Suastika. M.Si., tentang Akselarasi Menuju Moksa, pembagian sembako untuk para Pinandita dan warga sekitar pura serta penyerahan dana punia dari Umat Hindu TNI AL kepada Ketua Pengurus Parahyangan Agung Jagatkharta yang diiserahkan Kadisbintalal dan Perwira Tertua Kolonel Laut (S) Ida Bagus Rahyudodiputra, S.E.

Jurnalis (syt/Time)

WhatsApp Image 2020-12-03 at 19.37.24
WhatsApp Image 2020-12-03 at 19.37.24 (1)
WhatsApp Image 2020-11-27 at 21.23.40
WhatsApp Image 2020-11-24 at 22.31.54
WhatsApp Image 2020-11-19 at 15.25.59
WhatsApp Image 2020-11-08 at 17.20.03

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed