oleh

TINGKATKAN KESEJAHTERAAN DENGAN PROGRAM PTSL.

banner 300250

Bojonegoro,harianmerdekapost,com
Menteri Agraria Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional ( ATR / BPN ) Sofyan Jalil , memasang target 11 juta sertipikat tanah pada tahun ini , dan rampung menyertifikasi seluruh tanah pada tahun 2025 .
Menurut Menteri ATR / BPN Sofyan Jalil , sertipikat ini penting bagi masyarakat sebagai tanda bukti atas kepemilikan tanah . Selain itu sertipikat tersebut bisa di gunakan oleh masyarakat ‘ di sekolahkan ‘ ke bank untuk meminjam uang .(27/02/2020)

Oleh karena itu Sofyan Djalil menegaskan akan menyelesaikan pemberian sertipikat ke masyarakat di seluruh Indonesi pada 2025 . Mulai tahun depan target pencetakan sertipikat tanah akan terus di tingkatkan .
Presiden Joko Widodo mengatakan akan terus mempercepat penyerahan sertipikat tanah kepada masyarakat . Tujuannya konflik lahan di masyarakat tidak kembali terjadi . Konflik terjadi karena masyarakat belum pegang yang namanya tanda bukti hak hukum atas tanah yang dimiliki yang namanya sertipikat . Biasanya konflik lahan melibatkan masyarakat dengan masyarakat , masyarakat dengan pemerintah maupun masyarakat dengan perusahaan .

Seperti halnya yang di lakukan Kepala Desa Donan Kecamatan Purwosari Kabupaten bojonegoro H.Darmaji
Kepala Desa bersama Sekertaris desa menghimbau pada warga masyarakatnya agar mengikuti program ptsl ini karena program ini sangat berguna bagi warganya . Setelah mengadakan sosialisasi dengan warga masyarakatnya melalui forum musyawarah mufakat di bentuk panitia ptsl dan menunjuk sebagai Ketua :Sunar Sekertaris : Nilo, Bendahara : Raji dan anggota sebanyak 14 orang . Warga masyarakat Donan sangat mendukung program ptsl ini . Dari tiga dusun yang ada di Desa Donanyakni Dusun donan, Dusun nganjen dan kalitengah. Data pemohon yang sudah masuk ke panitia ptsl sebanyak kurang lebih 1000bidang .

Kepala Desa Donan sangat berterimakasih kepada pemerintah , karena dengan program ptsl ini tanah warganya menjadi sah di mata hukum dan bisa mengurangi permasalahan konflik pertanahan . Efitor red (Jurnalis Suroso )

banner 300250