Tingkatkan Katahanan Pangan, Kodim 0816/Sidoarjo lakukan demplot pertanian

banner 300250

Harianmerdekapost.com Sidoarjo – Dalam rangka Program Ketahanan Pangan Kodim 0816 Sidoarjo di Tahun 2022, Kodim 0816/Sidoarjo melaksanakan demplot pertanian di Desa Mergosari Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Rabu, 8/6/2022.

Dalam pembuatan lahan demplot ini dipimpin langsung oleh Pasi Teritorial Kodim 0816/Sidoarjo Kapten Chb Kamsuri beserta anggota Babinsa Koramil 0816/11 Tarik didampingi oleh Bati Ter dan anggota Staf Teritorial lainnya untuk pelaksanaan penanaman padi bersama-sama.

Kegiatan ketahanan pangan tersebut bertujuan sebagai motivasi bagi masyarakat dan petani untuk tetap menjaga dan mempertahankan area
persawahan agar tetap ditanami padi guna membantu kesuksesan swasembada pangan dan mengantisipasi kelangkaan bahan pangan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Kali ini, Lahan demplot Kodim 0816/Sidoarjo dilaksanakan di Desa Mergosari Kec. Tarik dengan menggunakan bibit padi pilihan dan unggulan. Sedangkan untuk hidroponik dan tanaman polibag di lakukan dilahan perkarangan Makodim 0816/Sidoarjo. Pembuatan lahan demplot padi seluas 1 hektar dan pembuatan tanaman hidroponik dan sayur mayur dengan menggunakan polibag.

Kapten Chb Kamsuri mengatakan, “Bahwa program ketahanan pangan ini sasarannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan/pekarangan kosong dan gencar menanam sayur-sayuran, kedelai, jagung, dan padi. Hal ini dimanfaatkan kembali untuk memenuhi kebutuhan pokok,” tutur Pasi Terdim 0816/Sidoarjo.

Serma Sutrisno menyampaikan, “Disini peran babinsa sangat penting untuk mengajak dan menghimbau masyarakat binaannya untuk aktif bercocok tanam sebagai upaya menggalakkan program ketahanan pangan di wilayah binaan khususnya Desa Mergosari ini. ” Jelas Bati Terdim 0816/Sidoarjo.

Kopda Kariaji Babinsa di wilayah tersebut menyampaikan, “Saya akan bersungguh – sungguh akan melakukan pendampingan kepada para petani di wilayah Desa binaannya saya untuk selalu aktif dan mendukung program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah mensukseskan program Ketahanan Pangan Nasional ini.” Jelas Babinsa Mergosari.

“Semoga harapan kita semua terutama para petani ini dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok. Hal ini sangat bermanfaat bagi para petani dan memantapkan katahanan pangan di wilayah Sidoarjo dapat terwujud dengan optimal.” Pungkasnya. (Ms)