oleh

Tim Evaluator Biro Organisasi Pemprov Sumsel Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Disdukcapil OKI

Harianmerdekaposr.com-KAYUAGUNG-OKI, – Tim Evaluator Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan [Pemprov Sumsel] telah melakukan evaluasi kinerja pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Komering Ilir (OKI) selaku penyelenggara pelayanan publik, Rabu (18/8/2021) kemarin.

Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, penilaian terhadap Disdukcapil OKI ini dilaksanakan secara virtual, dimana dihadiri langsung oleh Kepala Disdukcapil OKI H. Hendri, SH. MM didampingi oleh para kepala bidang pada dinas tersebut.

 

“Penilaian atau evaluasi kinerja pelayanan publik ini dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan untuk peningkatan layanan yang baik terhadap masyarakat,” ungkap Kadisdukcapil OKI H. Hendri SH MM saat dikonfirmasi,

Dan tahun ini, kata dia lagi, dilaksanakan atas dasar surat dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No. B/233/PP.02/2021 Tanggal 04/08/2021 tentang evaluasi kinerja pelayanan publik yang di tujukan kepada seluruh sekretaris daerah kabupaten/kota se-Sumsel.

“Untuk itu, Disdukcapil OKI selaku unit penyelenggara pelayanan publik (UPP) juga dievaluasi. Dan indikator yang dijadikan evaluasi penilaian kinerja pelayanan publik ada 5 point penting,” terang dia.

Pertama kebijakan pelayanan, antara lain standar pelayanan, maklumat pelayanan, laporan hasil survey kepuasan masyarakat 1 tahun terakhir. Dan kedua, yaitu profesionalisme dan SDM, antara lain mengenai kompetens SDM, responsivitas, kualitas dan integritas SDM.

“Ketiga sarana dan prasarana, antara lain kelayakan fasilitas ruang pelayanan, ruang tunggu serta fasilitas pelayanan kebutuhan khusus (dissabilitas dan lansia). Kelayakan ruang parkir, taman dan penghijauan serta sarana penunjang lainnya,” tandas dia.

Point keempat, sistem informasi pelayanan publik, antara lain menyangkut pelayanan online dan informasi-informasi kebijakan. Lanjut dia, yang kelima yaitu konsultasi dan pengaduan, antara lain layanan front office, layanan konsultasi dan informasi.

“Semua indikator tersebut, kemarin secara virtual sudah kita paparkan berikut bukti pendukungnya kepada Tim Evaluator Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan,” ujar dia.

Ditambahkan dia, hasil dari evaluasi tersebut akan diberikan reward dari Kementerian Dalam Negari dan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. [RF,AR.]

banner 300250



banner 300250
No Slide Found In Slider.

News Feed