oleh

THR Diminta Tidak Lagi Dicicil, Kadin Sumenep: Ini Tergantung Kemampuan Pengusaha.

Harianmerdekapost.com-Sumenep Madura Jatim-Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sumenep, Hairul Anwar menilai bahwa intrupsi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang meminta para pengusaha untuk membayar THR 2021 tak lagi dicicil masih harus dipertimbangkan lagi.

Menurutnya, ditengah kesulitan perekonomian yang disebabkan oleh pandemi covid-19 pamerintah tidak bisa memaksa perusahaan untuk melakukan pembeyaran Tunjangan Hari Raya (THR) secara penuh, mengingat dalam kondisi seperti saat ini masih banyak perusahaan yang bisnisnya belum sepenuhnya pulih.

“Kalau perusahaan yang bisnisnya sudah pulih tidak apapa jika disuruh bayar ful, tetapi yang menjadi permasalahan saat ini masih banyak perusahaan yang masih belum sepenuhnya pulih,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (07/04/2021).

Hairul jugu mengatakan, kondisi bisnis ditengah pembatasan sosial yang sangat memberatkan ini masih sangat beragam. Kata dia, tidak sedikit dari perusahaan yang tergabung dalam Kadin yang misih berusaha keras untuk memulihkan keadaannya.

Oleh sebab itu, pihaknya beranggapan bahwa pemerintah harus bisa memberikan kebijakan-kebijakan yang sekiranya tidak memberatkan kepada perusahaan.

“Kalau menurut hemat kami, pembayaran THR kita sesuaikan dengan kemamampuan perusaan. Biar perusahaan yang membicarakan hal itu dengan para karyawannya, kerena dalam situasi seperti ini perusahaan bisa survival sudah sukur mengigat tidak sedikit dari mereka yang sudah kolaps,” tukasnya.

Untuk diketahui, pada tahun lalu, Kementerian Ketenagakerjaan telah memberi kelonggaran kepada perusahaan untuk mencicil pembayaran THR 2020. Ketentuan ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Ketenegakerjaan Nomor 6 Tahun 2020.

Untuk 2021, Kementerian Ketenagakerjaan masih menggodok aturannya. Di tengah penyusunan regulasi ini, serikat pekerja meminta THR tak lagi dibayar dengan cicilan, tapi penuh 100 persen.

Setelah itu, giliran Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang meminta para pengusaha membayar THR 2021 tak lagi dicicil.

“Saya minta tahun ini dibayar secara penuh. Kita harus komitmen,” kata dia pada 1 April 2021. (Nri)

WhatsApp Image 2021-04-14 at 21.24.10
iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

News Feed