oleh

Tewasnya Komandan OPM Menambah Daftar Prestasi Prajurit TNI, Salah Satunya Yonif 500 Raider.

Harianmerdekapost.com Papua,.-
Pasukan Elit TNI yaitu Satgas Yonif Raider 500/Sikatan Kodam V/Brawijaya bersama Nanggala Kopassus dan Satgas Pinang Sirih (Cakra) Kostrad berhasil menembak mati Lesmin Walker yaitu Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) atau lebih dikenal dengan nama Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) Kamis (13/5/2021).

Lesmin ditembak mati setelah terjadi kontak tembak antara KSTP pimpinan Lerimayu Telenggen tersebut dengan Kontak tembak terjadi saat ketiga tim Pasukan Khusus TNI ini bersama Personel Polri melakukan penyisiran terhadap anggota KSTP di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Terbunuhnya Lesmin ini menambah daftar prestasi prajurit TNI memburu pentolan kelompok-kelompok separatis bersenjata yang pernah ada di Indonesia. Terutama Yonif Raider 500/Sikatan yang pernah berhasil menembak mati pentolan GAM Ishkak Daud Panglima GAM Wilayah Peureulak 17 tahun lalu.

Yonif Raider 500/Sikatan ini merupakan satuan elit infanteri yang kedudukannya berada dibawah Kodam V/Brawijaya dan bermarkas di Jl. Gadjah Mada, Surabaya.

Dikirim langsung oleh Pangdam V/Brawijaya ke Papua pada Agustus 2020 lalu untuk bergabung dengan satuan elit TNI lainnya dalam misi pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) dibawah pimpinan Letkol Inf Yoki Malinton Kurniafari.

Selama penugasan di Papua satuan ini tidak hanya memburu pentolan OPM tapi juga merangkul masyarakat setempat dengan operasi pembinaan teritorialnya. Sudah 9 bulan satuan ini menjalankan tugasnya di Papua dan akan ditarik ke Jawa Timur dalam waktu tidak lama lagi untuk digantikan Satuan TNI lainnya. ( Pendam V / Moh sokip )

IMG-20210616-WA0011 (1)

News Feed